Mandi Sebelum Tidur Bisa Bantu Kamu Terlelap Lebih Cepat, Begini Caranya

Hestianingsih - wolipop Senin, 22 Jul 2019 19:30 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Texas - Sebagian orang ada yang langsung terlelap begitu tubuh bertemu bantal dan kasur, sementara sebagian lagi harus melakukan berbagai cara, agar bisa tidur nyenyak. Kamu termasuk dalam kelompok yang kedua? Maka tips agar tidur nyenyak satu ini bisa dicoba.

Studi yang dilakukan para peneliti di University of Texas, Austin, menunjukkan bahwa mandi sebelum tidur, bisa membantu tidur nyenyak lebih cepat. Tapi waktunya harus diperhatikan supaya tips ini bisa efektif untuk membuat kamu lebih cepat tidur nyenyak.

Waktu yang disarankan adalah mandi 1,5 - 2 jam sebelum beranjak tidur. Temperatur air juga penting. Kamu disarankan mandi air hangat dengan suhu 40 - 43 derajat Celsius, baik di bawah pancuran, maupun berendam di dalam bak mandi.


Mandi Sebelum Tidur Bisa Bantu Kamu Terlelap Lebih Cepat, Begini CaranyaFoto: iStock

Para peneliti telah menganalisa lebih dari 5000 studi tentang pengaruh mandi air hangat terhadap kualitas tidur dan mendapati bahwa cara ini bisa membantu orang tertidur 10 menit lebih cepat. Alasannya, karena suhu tubuh, akan mengikuti ritme sirkadian (siklus metabolisme tubuh yang mengatur tidur dan bangun).


Seperti dikutip dari Mirror, suhu tubuh cenderung turun sekitar satu jam sebelum tidur, dan akan bertambah rendah ketika seseorang terlelap. Dengan menghangatkan tubuh beberapa jam sebelum tidur, akan timbul sensasi sejuk, yang memberitahu tubuh dan otak bahwa sudah saatnya beristirahat.

Hal ini pun mempercepat terjadinya proses sirkadian secara alami sehingga kamu bisa cepat terlelap dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik. Jika ingin mencobanya, sediakanlah waktu 1-2 jam sebelum tidur untuk mandi air hangat. Kamu bisa menambah kenyamanan dengan menuangkan beberapa tetes minyak lavender untuk sensasi relaksasi ketika mandi.

Selamat mencoba!

Simak Video "Selamat! Dian Pelangi Resmi Menikah dengan Sandy Nasution"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)