Ini Pilihan Makanan yang Cepat Disantap Saat Kamu Kesiangan Bangun Sahur

Hestianingsih - wolipop Selasa, 07 Mei 2019 03:10 WIB
Ilustrasi wanita bangun tidur. Foto: iStock Ilustrasi wanita bangun tidur. Foto: iStock

Jakarta - Bangun sahur kesiangan dan hanya punya waktu beberapa menit saja untuk bersantap? Ada beberapa pilihan makanan yang bisa disajikan dan dinikmati dengan cepat saat Ramadhan, namun tetap memberikan cukup asupan energi supaya kuat puasa seharian.

Seperti dikutip dari Nutrition, ketika telat bangun sahur dan terburu-buru, jatuhkan pilihan pada makanan dengan kadar air tinggi. Utamakan mengonsumsi karbohidrat komplek ketimbang protein atau lemak, lebih baik lagi yang memiliki banyak serat.

Ini berbagai menu sahur yang bisa kamu sajikan dan santap dengan cepat:

1. Bubur Oats
Foto: iStock

Oatmeal dari gandum utuh bisa menyediakan energi yang cukup, juga karbohidrat sehat agar tidak lemas saat harus beraktivitas sambil puasa. Kamu bisa membuat bubur oatmeal dengan mencampurnya bersama air hangat atau susu panas. Bisa juga dicampur dengan yoghurt dan tambahkan buah atau kacang sebagai topping agar rasanya lebih enak.


2. Sereal Tinggi Serat
Foto: Istimewa

Sereal yang tinggi serat juga bisa jadi pilihan makan sahur cepat dan sehat. Selain mengandung karbohidrat sehat, sereal juga biasanya diperkaya dengan vitamin dan mineral yang menyediakan tambahan nutrisi.

Konsumsilah sereal tinggi serat dengan susu. Bisa susu full cream atau susu skim tergantung selera. Makan sereal bersama susu juga membuatmu mendapatkan nutrisi tambahan seperti kalsium, yodium dan vitamin B.

3. Yoghurt
Foto: Istock

Jika kamu hanya punya waktu kurang dari 10 menit untuk sahur, bisa makan yoghurt karena mengandung protein, kalsium, yodium, vitamin C juga cairan. Kamu bisa mencampurkan buah seperti apel dan pisang.


4. Roti
Foto: Istimewa

Pilih roti dari gandum, bukan roti tawar putih karena lebih cepat diserap tubuh, sehingga energinya juga cepat hilang. Roti gandum menyediakan serat yang bisa membuat perut kenyang lebih awet, selain itu juga baik bagi pencernaan.

Hindari makan roti gandum dengan bahan yang tinggi kandungan garam karena akan membuat kamu lebih cepat haus. Misalnya keju padat, margarin, atau daging kalengan. Makanlah roti gandum bersama selai kacang (tanpa tambahan garam), krim keju atau pisang.

5. Air Putih
Foto: iStock

Air putih wajib ada dalam menu sahur, tak peduli makanan apa pun yang kamu santap. Minumlah minimal tiga gelas air putih saat sahur untuk mencukupi kebutuhan cairan selama puasa.

Ini Pilihan Makanan yang Cepat Disantap Saat Kamu Kesiangan Bangun Sahur

(hst/hst)