Diet Ekstrem Bos Twitter, Makan Sehari Sekali dan Puasa Hanya Minum Air Putih

Hestianingsih - wolipop Kamis, 11 Apr 2019 14:07 WIB
Pendiri dan CEO Twitter Jack Dorsey. Foto: Anushree Fadnavis/Reuters Pendiri dan CEO Twitter Jack Dorsey. Foto: Anushree Fadnavis/Reuters

Jakarta - Apa rahasia diet seorang pengusaha sukses dunia? Pendiri dan CEO Twitter Jack Dorsey belum lama ini mengungkapkan rutinitas dietnya untuk menjaga kesehatan.

Dalam podcast 'Fitness: Diet, Fat Loss and Performance' bersama ben Greenfield, terungkap bahwa Jack Dorsey memiliki gaya hidup dan pola makan yang terbilang ekstrem. Pria 42 tahun ini rutin menjalani diet puasa, selalu jalan kaki dari rumah ke kantor dan melakukan hydrotherapy.

Pria yang berdomisili di San Francisco, California, ini mengatakan ia hanya makan satu kali sehari pada malam hari, antara pukul 6.30 dan 9.00. Menu makanannya tentu saja sehat. Di atas piring makan biasanya tersaji protein dari ayam, steak atau ikan. Lalu ada sayuran seperti salad, bayam, asparagus atau brussel sprouts. Ia mengaku tidak mengonsumsi karbohidrat putih seperti nasi dan kentang.


Diet Ekstrem Bos Twitter, Makan Sehari Sekali dan Puasa Hanya Minum Air PutihPendiri dan CEO Twitter Jack Dorsey. Foto: Getty Images

Jika keinginan untuk ngemil muncul, hasratnya itu akan dipuaskan dengan menyantap dessert namun yang rendah gula. Biasanya Jack Dorsey akan memilih buah beri, dark chocolate atau wine.

Diet dan puasa ia lakukan agar bisa fokus bekerja pada siang hari. Jack Dorsey mengaku jadi lebih fokus saat bekerja, dan kualitas tidurnya pun meningkat semenjak mengubah pola makannya.

Bagi Jack, tidak ada 'cheat days' dalam dietnya. Jika di akhir pekan biasanya orang-orang yang berdiet akan memberikan 'reward' pada diri sendiri dengan menyantap makanan yang mereka suka, tidak untuk Jack Dorsey.

Pria dengan nilai kekayaan USD 5,3 miliar ini justru tidak mengonsumsi makanan sama sekali di akhir pekan. Ia menjalani diet puasa, atau istilah populernya intermittent fasting, dari Jumat hingga Minggu malam. Selama tiga hari itu, Jack hanya minum air putih.

"Pertama kali melakukannya, di hari ketiga, aku merasa berhalusinasi. Rasanya aneh. Tapi begitu melakukan untuk kedua kali, jadi jelas terasa bahwa hari-hari kita selama ini hanya berfokus pada makanan. Saat aku puasa dalam waktu yang lebih lama, waktu jadi terasa begitu lambat," kata Jack, seperti dikutip dari People.
Diet Ekstrem Bos Twitter, Makan Sehari Sekali dan Puasa Hanya Minum Air PutihPendiri dan CEO Twitter Jack Dorsey. Foto: Anushree Fadnavis/Reuters


Untuk memenuhi kebutuhan mentalnya, Jack sering bermeditasi selama satu jam, sedikitnya dua kali sehari. Ia juga menjalani hydrotherapy. Pada pagi hari, Jack akan mandi dengan air dingin dan di malam hari sauna.

Rutinitas hydrotherapy ini dilakukan dengan berada di ruangan sauna selama 15 menit, dalam suhu mencapai 104 derajat Celsius. Setelah itu dia akan berendam di air dingin dengan suhu 2-3 derajat Celsius selama tiga menit.

"Tidak ada yang memberikanku rasa percaya diri tinggi lebih baik dari punya kemampuan untuk langsung pindah dari suhu ruangan ke suhu dingin. Terutama di pagi hari," kata Jack Dorsey.

Mandi air es membuat tubuh dan pikirannya lebih terjaga, sehingga bisa lebih fokus bekerja di kantor. Saat bekerja pun ia tak lupa minum suplemen multivitamin dan vitamin C. (hst/hst)