Ketemu Camer Gangguan Tenggorokan Menyerang, Gimana Solusinya?

Tia Reisha - wolipop Kamis, 14 Mar 2019 14:18 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Gangguan tenggorokan bisa tiba-tiba menyerang bahkan terjadi di saat-saat penting seperti ketika kamu lagi presentasi atau lagi di depan camer. Nah patut diingat beberapa tips supaya gangguan tenggorokan segera mereda dan ketemuan dengan camer berjalan lancar.

Menurut Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, gangguan tenggorokan atau radang tenggorokan dapat dipicu oleh infeksi dan iritasi fisik maupun kimia.

"Radang tenggorokan bisa juga disebabkan oleh makanan atau minuman yang suhunya terlalu ekstrem, terlalu panas atau terlalu dingin. Makanan dengan kandungan bumbu yang ekstrem atau terlalu manis dan terlalu asam, serta terlau banyak makan gorengan," ujar dr. Helmin kepada Wolipop, Kamis (14/3/2019).


Untuk itu, dr. Helmin menyarankan agar menghindari makanan dan minuman pemicu radang tenggorokan. Solusi lainnya, konsumsi makanan hangat, bertekstur lembut, dan bumbunya tidak terlalu kuat.

Selain itu, bisa juga dengan menjaga suhu ruangan agar tidak terlalu panas atau dingin. Namun jika radang tenggorokan sudah terlanjur terasa, coba mengonsumsi permen pelega tenggorokan agar lebih praktis.

"Boleh mengonsumsi permen pelega tenggorokan karena biasanya mengandung bahan yang dapat meredakan radang seperti antiinflamasi, analgetik, dan cooling agent sehingga keluhan berkurang," sambung dr. Helmin.


"Kandungan peppermint pada permen pelega tenggorokan memiliki peran yang cukup penting. Sebab peppermint dapat memberikan sensasi dingin di tenggorokan sehingga dapat mengalihkan rasa nyeri di tengoorokan. Selain itu juga dapat membantu melegakan saluran pernapasan," jelas dr. Helmin.

Permen pelega tenggorokan yang mengandung segala manfaat peppermint adalah Woods' Peppermint Lozenges. Permen kesehatan ini mengandung peppermint asli yang berfungsi memberikan sensasi melegakan tenggorokan dan mentol yang berfungsi sebagai antiseptik alami.

Woods' Peppermint Lozenges sangat baik dikonsumsi saat terjadi gangguan tenggorokan, batuk, terpapar polusi, setelah mengonsumsi makanan berminyak, maupun ketika napas kurang segar. Ketemu camer pun dijamin berjalan lancar dan lebih percaya diri. (mul/mpr)