Ngeri! Pakai Lensa Kontak untuk Halloween, Remaja Ini Nyaris Buta

Hestianingsih - wolipop Jumat, 02 Nov 2018 09:35 WIB
Ilustrasi wanita pakai lensa kontak untuk Halloween. Foto: iStock Ilustrasi wanita pakai lensa kontak untuk Halloween. Foto: iStock

Quebec - Berhati-hatilah memakai lensa kontak dalam waktu lama. Jika sembarangan, nasib kamu bisa seperti remaja asal Kanada ini.

Emilie Turcotte, remaja 11 tahun asal Quebec, Kanada, mengalami kebutaan sementara akibat lensa kontak yang dipakainya. Lensa kontak dekoratif itu digunakan Emilie sebagai pelengkap penampilannya untuk Halloween.

Awalnya Emilie memakai lensa kontak selama beberapa jam di acara sekolah. Ia lalu melepasnya saat makan malam.

Diceritakan sang ibu Julie Turcotte, Emilie kemudian memasang lagi lensa kontak untuk berkeliling bersama teman-temannya ber-trick-or-treat, atau meminta permen ke rumah-rumah. Setelah kembali ke rumah, Emilie melepaskan lensa kontaknya saat akan tidur.

Emilie tak menyangkan kalau di pagi hari saat ia bangun, matanya akan mengalami masalah. Dia mengalami rasa terbakar yang hebat pada matanya.
Ngeri! Pakai Lensa Kontak untuk Halloween, Remaja Ini Nyaris ButaIlustrasi wanita pakai lensa kontak untuk Halloween. Foto: iStock

Julie pun memeriksa dan mendapati kedua mata putrinya merah seperti darah. Ketika dibawa ke rumah sakit, dokter mengatakan bahwa lensa kontak dekoratif tersebut telah merusak kornea matanya.

"Selama empat hari kami ketakutan. Dia tidak bisa melihat apa-apa. Semua itu karena lensa kontak Halloween!" tutur Julie, seperti dikutip dari Aol.

Beruntung, kebutaan yang dialami Emilie hanya sementara. Matanya berangsur-angsur normal tidak sampai seminggu.

"Ketika kamu kehilangan penglihatan, sudah tidak bisa lagi digantikan. Lensa kontak adalah penyamaran yang bagus, tapi berapa harga yang harus dibayar?" tambah Julie.

Badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat atau FDA baru-baru ini memberikan peringatan tentang bahaya lensa kontak dekoratif untuk Halloween. Mereka menyarankan agar tidak memakainya, terlebih lagi dalam waktu lama.

"Jangan pakai ini. Lensa kontak harus dipaskan dengan benar oleh pihak resmi agar bisa dipakai seaman mungkin. Jika tidak memakainya dengan pas maka berisiko terjadi komplikasi," saran Kepala Wills Eye Hospital Cornea Service Christopher J. Rapuano, MD.
(hst/eny)