Ini Akibatnya Kalau Kamu Sering Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Dulu

Hestianingsih - wolipop Rabu, 21 Feb 2018 14:08 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Punya kebiasaan pakai baju baru tanpa dicuci dulu? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk kamu itu. Baju baru yang langsung dikenakan sebelum dicuci bisa berakibat fatal bagi kulitmu.

Para dokter kulit mengingatkan risiko kesehatan yang akan dialami jika memakai baju baru tanpa dicuci terlebih dahulu. Masalah kulit yang akan timbul biasanya iritasi, scabies (penyakit kulit akibat kutu) bahkan jamur.

"Saya sudah banyak lihat kasus penyebaran kutu yang disebabkan karena mencoba-coba baju di toko, dan ada penyakit infeksi tertentu yang bisa tersebar lewat pakaian," kata profesor dermatologi Donald Belsito dari Columbia University Medical Center, seperti dikutip dari Daily Mail.

Ini Akibatnya Kalau Kamu Sering Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci DuluFoto: (Visit Sweden)

Donald menegaskan, cara terbaik menghindari penyebaran penyakit kulit lewat pakaian adalah mencuci baju baru terlebih dahulu sebelum dipakai. Selain bisa terkena kuman atau iritasi karena baju yang sudah dicoba berbagai macam orang, kulit juga bisa bermasalah akibat bahan kimia yang digunakan pada tekstil.

Bahan kimia, residu pewarna tekstil dan bahan pengawet biasanya masih mengendap pada kain baru. Bahan pengawet digunakan untuk menjaga produk-produk pakaian tetap bagus kualitasnya saat didistribusikan.

Jika terkena kulit langsung, bahan kimia pada baju bisa menimbulkan iritasi. Terlebih lagi pada kulit yang sensitif.
Ini Akibatnya Kalau Kamu Sering Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci DuluFoto: Thinkstock

Salah satu bahan kimia yang terdapat pada pakaian adalah formaldehyde, yang berfungsi mencegah baju kusut atau berkerut.

Zat ini bisa memicu timbulnya eczema atau eksim dan peradangan kulit. Sementara bahan pewarna tekstil berpotensi menimbulkan iritasi.

Tidak hanya itu saja, formaldehyde juga meningkatkan risiko alergi bahkan memicu kanker kulit, menurut sejumlah ilmuwan. Maka dari itu, sangat penting mengutamakan kebersihan pakaian baru dengan mencucinya secara menyeluruh.
(hst/hst)
CNN ID World Now
×
World Now
World Now Selengkapnya