Penting, Ini Kebiasaan Saat Tidur yang Bikin Kamu Lelah di Pagi Hari

Arina Yulistara - wolipop Kamis, 04 Jan 2018 07:42 WIB
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock

Jakarta - Sering merasa kurang tidur atau merasa lelah saat bangun di pagi hari? Padahal Anda sudah tidur selama kurang lebih delapan jam tapi merasa masih butuh istirahat lebih lama. Sebenarnya ada satu kebiasaan saat tidur yang akan membuat kamu merasa lelah di pagi hari. Apa itu?

Menurut ahli tidur dari Australia, Dr. Carmel Harrington, ada satu kebiasaan yang menyebabkan orang-orang merasa lelah saat bangun di pagi. Kebiasaan yang dimaksud adalah tak memiliki waktu bangun tidur yang konsisten.

"Banyak orang tidak tahu kalau waktu kamu biasa bangun tidur akan mempengaruhi waktu Anda akan bisa tertidur di malam hari. Saat mata kita melihat cahaya terang di pagi hari, otak akan mematikan produksi melatonin dan ini juga mempengaruhi kondisi tubuh selama 24 jam," ujar Harrington seperti dilansir dari Daily Mail.

Tidak mengatur waktu bangun pagi Anda tak hanya mempengaruhi kualitas tidur tapi juga berdampak pada rasa lapar di perut. Selain itu, tidur yang tak berkualitas sehingga menyebabkan rasa lelah di pagi hari juga akan berdampak pada menurunnya semangat serta motivasi Anda melakukan aktivitas sehari-hari.

Untuk itu, Harrington menganjurkan agar mengatur waktu bangun dan waktu tidur yang konsisten. Jangan lupakan jumlah waktu tidur untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas.

Analis Tidur Dr. Amy Reynolds, menambahkan, kalau bermain smartphone dan internet sebelum tidur juga dapat menghambat kemampuan tubuh kita untuk mendapatkan waktu tidur berkualitas. Maka dari itu, penting mematikan semua perlengkapan elektronik sekitar satu jam sebelum tidur.

Reynolds juga menuturkan kalau orang bekerja atau yang masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi seharusnya mendapatkan tidur selama tujuh sampai sembilan jam setiap malam. Begitu pula dengan wanita berusia 26 tahun hingga 60 tahun disarankan memiliki jam tidur serupa.

Kebiasaan wanita yang mengikuti jam tidur anak bisa membuat tubuh kelelahan. Reynolds menyarankan untuk berusaha menetapkan dan mendisiplinkan anak mengenai waktu tidur mereka.

"Coba ajak anak menyikat gigi bersama dan membaca cerita tidur satu jam sebelum waktu tidurnya. Usahakan tidur tujuh hingga sembilan jam setiap malam agar tetap sehat," kata Reynolds.


(dtg/dtg)