Manfaat Kepiting Bagi Kesehatan, Tulang Kuat Hingga Jaga Kesuburan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 24 Agu 2016 14:11 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Selain ikan, makanan laut terbilang jarang dimasukkan dalam menu diet karena dianggap memiliki kolesterol tinggi. Tapi jika dikonsumsi dengan tepat, makanan laut sebenarnya kaya akan nutrisi sehingga patut juga disebut sebagai 'super food'.

Kepiting, menjadi salah satu makanan laut yang ternyata tinggi protein serta mineral. Pakar diet Juliette Kellow menjelaskan bahwa kepiting memiliki dua jenis daging, daging berwarna putih dan cokelat. Masing-masing memiliki kandungan nutrisi yang berbeda untuk mendukung kesehatan secara keseluruhan.


Diungkapkan nutritionist yang bekerjasama dengan Seafish, departemen kelautan dan perikanan di Inggris, daging cokelat pada kepiting kaya akan kalsium yang penting bagi kesehatan tulang. Daging kepiting juga mengandung zat besi untuk membantu produksi sel darah merah serta mencegah kelelahan.

Daging berwarna cokelat dan putih pada kepiting sama-sama tinggi akan tembaga, mineral yang membantu sistem imun tubuh berfungsi dengan semestinya. Selain itu kepiting juga mengandung zinc, nutrisi penting untuk menjaga kesuburan, dan selenium, mineral yang berperan sebagai antioksidan sekaligus membantu melindungi sel dari kerusakan.

Seperti dikutip dari Daily Mail, nutrisi lain yang terkandung dalam kepiting diantaranya vitamin B, vimtain E, mangan, fosfor, yodium dan meningkatkan produksi asam lemak omega-3. Perlu diingat, selain kaya nutrisi kepiting juga tinggi kolesterol. Maka sebaiknya hindari mengonsumsinya secara berlebihan. Agar tidak kelebihan kalori, kepiting sebaiknya tidak diolah bersama saus tiram atau bumbu dengan banyak garam.

Juliette menyarankan untuk mengonsumsi kepiting dengan cara direbus, dicampurkan dalam pasta dan omelette atau dijadikan campuran salad. Bisa juga mengolah daging kepiting menjadi alternatif isian sandwich selain tuna.
(hst/hst)