ADVERTISEMENT

Ladies, Jangan Heran Jika 5 Bagian Tubuh Ini Ditumbuhi Rambut

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 11 Jun 2016 09:31 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain kepala, rambut biasanya juga tumbuh di kaki, lengan, ketiak dan area genital. Tapi ada pula bagian tubuh lainnya juga ditumbuhi rambut, yang bagi sebagian besar wanita hal itu tidak normal namun sebenarnya 'sangatlah' normal.

Ketika Anda bercermin atau memerhatikan tubuh dengan seksama dan mendapati rambut tumbuh di area-area tidak biasa, jangan dulu panik. Ini lima bagian tubuh 'tak biasa' yang ditumbuhi rambut, yang sebenarnya normal.

1. Puting
Rambut yang tumbuh di areola (kulit kecokelatan yang mengitari puting) adalah hal normal dan sebenarnya umum pada wanita. Dermatologist Sejal Shah, M.D., menjelaskan bahwa tercatat ada 30 persen wanita yang memiliki rambut di area ini. Jumlah sebenarnya bisa lebih tinggi karena tidak banyak wanita yang mengungkapkannya kepada dokter mereka saat periksa kesehatan kulit.

"Seperti hal nya bagian kulit lainnya, pada areola terdapat folikel rambut jadi tidak mengejutkan kalau folikel tersebut juga menumbuhkan rambut," ujar Sejal, seperti dikutip dari Self.

Kebanyakan wanita memiliki 2-15 helai rambut di masing-masing sisi pada areolanya. Tumbuhnya rambut ini bisa disebabkan berbagai faktor yang umumnya karena pengaruh hormonal. Misalnya pubertas, kehamilan, menopause atau pengobatan yang memengaruhi hormon.

2. Perut
Area di antara pusar dan vagina juga kerap ditumbuhi rambut. Biasanya berupa rambut-rambut halus dan lebih umum terjadi pada wanita berkulit cokelat atau gelap. Seperti rambut pada puting, pertumbuhan rambut di area ini juga biasanya terjadi karena faktor hormonal.

"Memiliki rambut halus di perut adalah sesuatu yang umum terjadi. Bahkan terkadang ada beberaoa helai rambut yang lebih panjang dan tebal dan itu juga hal normal," tutur Sejal.

3. Tahi Lalat
Tahi lalat terbentuk karena sel-sel yang memproduksi pigmen, disebut melanocytes terkonsentrasi pada satu area. Jika pada tahi lalat juga terdapat folikel, area tersebut pun bisa tumbuh rambut dan biasanya tekstur rambut lebih kasar serta warnanya lebih gelap. Punya satu atau dua helai rambut di tahi lalat juga hal yang normal, dan beberapa dermatologist menyatakan bahwa itu berarti tanda tahi lalat Anda sehat.

4. Persendian Jari Kaki
Persendian jari-jari kaki juga kerap ditumbuhi rambut. Mungkin sedikit 'kurang sedap' dipandang tapi sebenarnya hal itu juga normal. Sebagian orang ada yang persendian jari kakinya tumbuh rambut, ada pula yang tidak. Biasanya karena pengaruh genetik atau perubahan hormon yang dialami tubuh karena bertambahnya usia.

"Saat usia menua, ram but biasanya menjadi lebih tebal dan warnanya gelap," terang Sejal.

5. Dagu
Jangan kaget jika Anda mendapati ada rambut-rambut halus tumbuh di sekitar dagu. Sebenarnya tak hanya di area dagu, wajah wanita pun sebenarnya ditumbuhi rambut halus.

"Tapi beberapa wanita memiliki rambut yang lebih gelap dan tebal di area dagu," katanya.

Sekali lagi, hal itu juga normal selama rambut tidak terlihat terlalu jelas atau tumbuhnya lebat. Namun jika Anda mendapati rambut di sekitar dagu menjadi tebal, kasar dan sedikit tebal, kemungkinan penyebabnya karena hormon yang tidak seimbang.

"Mungkin masih terbilang normal, tapi akan mungkin akan lebih baik jika Anda periksa ke dokter untuk memastikan Anda tidak mengalami masalah hormon yang memengaruhi pertumbuhan rambut," saran Sejal. (hst/hst)