Eww, Ternyata Tas Lebih Kotor Daripada Dudukan Toilet!

Hestianingsih - wolipop Senin, 30 Mei 2016 18:45 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Isi di dalam tas wanita bisa bermacam-macam mulai dari dompet, ponsel, peralatan kosmetik, botol minum hingga makanan. Tahukah Anda bahwa berbagai barang yang dimasukkan ke dalamnya bisa berpotensi membuat tas menyimpan ribuan bakteri berbahaya?

Sebuah penelitian di Jerman menemukan ada 10 ribu jenis bakteri yang hinggap pada tas dan itu bisa membuat tas Anda lebih kotor ketimbang dudukan toilet. Apa yang membuat tas yang selalu dibawa-bawa setiap hari ini jadi sangat kotor?

Alex How, pemilik My Bag Spa, mengungkapkan bahwa sejak ia membangun bisnis spa khusus perawatan tas, dia menemukan adanya remahan makanan, sampah bahkan urin anjing atau kucing di dalam tas kliennya. Duh!

"Urin anjing dan kucing adalah yang terburuk sehingga kami harus memakai sarung tangan dan masker untuk menyingkirkan baunya kalau tidak kulit kami akan gatal-gatal," ujar Alex kepada Herald Sun, seperti dikutip dari Daily Mail.

Dia melanjutkan, "Beberapa pelanggan membuang sampah di tas dan benar-benar lupa akan itu."

Alex juga menemukan ada berbagai sisa makanan dan saus, noda wine serta puntung rokok yang menumpuk selama bertahun-tahun. Saat pertama kali tas-tas tersebut dibawa ke tempatnya, pemilik spa berbasis di Melbourne, Australia ini mengatakan penampakannya sangat buruk.

Tidak hanya kotoran dari benda-benda yang dimasukkan ke dalam tas. Tangan juga bisa menyebarkan bakteri ke dalam tas. Biasanya bakteri dari tangan menempel pada pegangan tas, jahitan dan bagian depan tas.

Roxanna Pelka, manajer perusahaan jasa pembersih asal Sydney, Australia menjelaskan tas bisa lebih kotor dari toilet karena tidak dibersihkan secara berkala. Sedangkan kamar mandi dan toilet biasanya dibersihkan seminggu sekali, atau minimal satu bulan sekali.

Data dari Science World Report pada 2013 mengungkapkan bahwa aktivitas mikroba pada tas tangan sepuluh kali lebih banyak dibandingkan dudukan toilet. Namun tentunya tidak semua tas lebih kotor dari toilet. Tingkat kekotoran tas bisa berbeda-beda tergantung dari kebiasaan pemakainya.

Untuk meminimalisir perkembangan bakteri, selalu simpan makanan di kotak makan kedap udara sebelum Anda memasukkannya ke dalam tas. Jika pergi ke toilet, taruh tas Anda di alat gantungan yang terdapat di belakang pintu toilet.

Jangan biasakan menumpuk sampah di tas, apabila harus menyimpannya karena tidak menemukan tempat sampah, selalu biasakan untuk membersihkannya setelah beraktivitas. Satu tips lagi yang tak kalah penting, selalu cuci tangan atau pakai hand sanitizer sebelum Anda menyentuh tas. (hst/hst)