Sol Sepatu Ini Diklaim Bisa Bakar Lemak Tubuh Tanpa Harus Olahraga

Hestianingsih - wolipop Kamis, 21 Jan 2016 11:05 WIB
Foto: ist Foto: ist

Jakarta - Membakar kalori biasanya dilakukan dengan beraktivitas fisik seperti olahraga, fitnes atau berjalan kaki. Tapi sebuah brand pakaian mengklaim bisa membantu membakar kelebihan 500 hingga 1.000 kalori dalam tubuh hanya dengan mengenakannya seharian.

Terlalu mudah dan sempurna untuk jadi kenyataan? Setidaknya itu yang dijanjikan Thin Ice, brand yang menamai diri mereka 'The Very First Weight-Loss Clothing Line'. Kali ini Thin Ice memperkenalkan insole (sol di bagian dalam sepatu) untuk membantu pemakainya membakar kalori serta lemak.

Insole ini menggunakan teknologi pendingin untuk 'menipu' tubuh agar membakar lemak berlebih. Di dalam insole tertanam chip elektronik yang berfungsi sebagai pendingin suhu tubuh. Ide ini berangkat dari penemuan ilmuwan yang menyatakan bahwa udara dingin bisa mempercepat metabolisme tubuh sehingga memicu terjadinya pembakaran lemak.


Saat kedinginan, tubuh memang mempercepat metabolismenya untuk menciptakan panas dan meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Itulah yang menyebabkan tubuh menggigil dan selalu bergerak saat berada di udara dingin.

Seperti dikutip dari Style Caster, tubuh menggunakan lemak untuk meningkatkan metabolisme. Proses tersebutlah yang diyakini bisa membakar lemak dan kalori saat memakai bantalan dalam sepatu Thin Ice.  

Baca Juga: 30 Lipstik yang Tahan Lama

Selain itu Thin Ice juga menstimulasi brown adipose tissue (BAT) atau yang lebih dikenal dengan istilah brown fat, yakni lemak sehat yang berperan penting meningkatkan suhu dalam tubuh untuk membakar lemak tidak sehat penyebab kegemukan. Oleh sebab itu pemakai insole tidak perlu khawatir akan kedinginan sepanjang waktu karena aktifnya brown fat di dalam tubuh.

Thin Ice dirancang agar bisa terintegrasi dengan aplikasi smartphone. Lewat smartphone, pengguna bisa mengatur sendiri tingkat kerendahan temperatur yang diinginkan sekaligus memeriksa sudah berapa banyak kalori yang terbuang seharian.

Tertarik mencobanya? Sayangnya insole Thin Ice masih berupa prototipe dan masih dipromosikan rancangannya untuk mendapatkan pasokan dana agar bisa diproduksi secara massal. Selain insole, Thin Ice juga menciptakan T-shirt untuk dalaman dan kaus kaki. (hst/hst)