Masalah Area Intim

Ketika Wanita Khawatirkan Warna Miss V yang Gelap, Bagaimana Sebenarnya?

Eny Kartikawati - wolipop Rabu, 17 Des 2014 14:32 WIB
dok. Thinkstock dok. Thinkstock

Jakarta -

Vagina berfungsi bukan hanya sebagai alat kelamin tapi juga reproduksi. Apa yang normal dan tidak dari vagina atau Miss V ini? Wanita perlu tahu bagaimana Miss V sebenarnya berbeda-beda di antara setiap wanita.

"Seperti orang, vagina pun benar-benar berbeda pada setiap individu. Tidak ada yang sama satu sama lain," kata Dr Suzy Elneil, pakar ginekolog dan urologi dari Universitas College Hospital, London, seperti dikutip NHS. Ditegaskan Dr Suzy, setiap Miss V memiliki keunikan masing-masing sehingga tidak seharusnya saling dibandingkan.

Dalam memahami soal Miss V ini, wanita perlu mengetahui bahwa organ seksual mereka terletak di dua area yaitu di dalam dan di luar tubuh. Organ seksual yang ada di dalam tubuh misalnya rahim, ovarium dan vagina. Sedangkan organ seksual yang ada di luar tubuh adalah vulva. Vulva ini termasuk bagian depan vagina, bibir vagina bagian dalam dan luar (labia) dan klitoris yang terletak di bagian atas vagina.

"Vagina ini bervariasi dalam hal bentuk, ukuran dan warna," ujar Dr Suzy. "Beberapa berukuran kecil dan seperti telur, beberapa lainnya besar dan silindris dan warnanya pun berbeda-beda, mulai dari pink terang hingga kecokelatan. Yang paling penting vagina tetap berfungsi dengan normal," tambahnya.

Warna dari vulva atau bagian luar vagina ini biasanya sama dengan warna dari kulit. Tapi jika Anda memiliki kulit yang gelap, warna area vulva bisa jadi lebih gelap dari warna kulit perut. Sedangkan warna vagina bagian dalam biasanya lebih pink ketimbang warna bagian luarnya.

Yang wanita perlu khawatirkan dalam hal warna vagina ini adalah jika ada perubahan warna baru. Perubahan pada area Miss V secara tiba-tiba ini bisa jadi ada masalah kesehatan. Apalagi jika perubahan warna pada vagina ini disertai dengan keluhan seperti gatal dan keluarnya cairan seperti keputihan sehingga menyebabkan bau tidak sedap.

Ketika area Miss V mengeluarkan bau yang tidak biasa dan cenderung tidak sedap, ada banyak kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengetahuinya, disarankan oleh ahli kandungan Mary Jane Minkin, M.D., periksakan diri ke dokter. Menurut dr. Mary, jika bau yang dikeluarkan benar-benar tidak sedap, bisa jadi mengalami infeksi bakteri. Bacterial vaginosis (BV) yang menjadi salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan bakteri yang berlebihan di area sekitar vagina.

(eny/fer)