ADVERTISEMENT

Teh Hijau, Minuman Kaya Antioksidan yang Bantu Cegah Kepikunan

Hestianingsih - wolipop Jumat, 11 Apr 2014 07:14 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Manfaat teh hijau untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit sudah tidak diragukan lagi. Kini bertambah satu lagi khasiat minuman yang kaya antioksidan ini. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa teh hijau juga baik untuk daya ingat.

Para peneliti di University of Basel, Jerman mengklaim, teh hijau bisa meningkatkan beberapa fungsi kognitif pada manusia termasuk salah satunya memori di otak. Bahkan penemuan ini juga menyebutkan kalau teh hijau mungkin saja bisa digunakan sebagai bagian dari perawatan demensia dan gangguan kejiwaan.

Ekstrak teh hijau ini bisa meningkatkan efektivitas daya ingat pada manusia. Para peneliti melihat ada peningkatan memori yang cukup signifikan setelah responden mengonsumsi teh hijau. Penemuan ini menjelaskan bahwa teh hijau bisa dimanfaatkan untuk membantu mengobati kehilangan ingatan yang disebabkan oleh gangguan kejiwaan atau trauma.

Dalam penelitian, partisipan diberikan minuman dengan ekstrak teh hijau sebelum mereka diminta mengerjakan tugas yang mengetes kemampuan daya ingat. Aktivitas otak mereka kemudian dimonitor menggunakan mesin scan MRI, sehingga peneliti bisa melihat peningkatan konektivitas antara bagian-bagian otak.

Hasil penelitian yang telah dipublikasikan dalam jurnal Psychopharmacology ini menunjukkan, teh hijau bisa meningkatkan memori jangka pendek pada otak. Selain meningkatkan kemampuan otak, masih ada banyak lagi khasiat teh yang kaya akan antioksidan flavonoid ini. Berikut ini sejumlah manfaat teh hijau untuk kesehatan, yang dirangkum Wolipop dari berbagai sumber:

1. Pembangkit Energi Setelah Olahraga
Teh hijau juga minuman yang mengandung kafein, tapi dalam jumlah kecil; tak sebanyak minuman energi atau kopi. Kafein di dalam teh hijau bisa memberi tambahan tenaga saat dibutuhkan. Selain itu teh hijau juga lebih sehat karena tidak banyak mengalami proses pengolahan. Minuman yang bisa disajikan hangat maupun dingin ini juga merupakan sumber antioksidan alami yang bantu mencegah kanker, penyakit jantung dan syaraf.

2. Mempercantik Kulit
Teh hijau memiliki anti inflamasi dan anti penuaan karena tinggi kandungan antioksidan yang dinamakan catechin. Berbagai macam studi juga menunjukan bahwa teh hijau baik untuk dikonsumsi ataupun dipakai sebagai penggunaan luar untuk melindungi kulit dari efek terbakar sinar matahari dan kanker kulit yang disebabkan oleh efek buruk sinar matahari. Sejumlah penelitian juga mengungkapkan, mengonsumsi segelas teh hijau dua kali sehari secara rutin selama enam bulan, dapat menjauhkan kita dari kerusakan kulit akibat radikal bebas atau ruam pada kulit.

3. Membantu Bakar Lemak Tubuh
Kandungan kafein dan antioksidan yang dinamakan catechin, dipercaya bisa menstimulasi sistem syaraf dan meningkatkan pembakaran lemak. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa meminum teh hijau secangkir sehari bisa membantu Anda menurunkan beberapa kilogram berat tubuh dan merampingkan pinggang.

Meskipun menyehatkan, bukan berarti Anda bebas mengonsumsinya sebanyak yang diinginkan. Sebab segala sesuatu yang sehat dan berguna akan menjadi tidak baik apabila dikonsumsi berlebihan. Pakar gizi Emilia E. Achmadi, MS. RD. menyarankan untuk meminum teh, apapun jenisnya tak lebih dari tiga cangkir atau sekitar 500 ml sehari untuk menjaga kesehatan.

(hst/hst)