Liputan Khusus Diet Makan Malam

Ini Sebabnya Anda Suka Lapar di Malam Hari & Ingin Ngemil

- wolipop Jumat, 31 Mei 2013 12:40 WIB
Dok. Thinkstock Dok. Thinkstock

Jakarta - Makan di malam hari apalagi jika terlalu larut bisa membuat Anda semakin bertambah berat badannya. Tak hanya itu saja makan di malam hari, terutama yang tidak sehat bisa berisiko terkena penyakit berbahaya.

Meskipun sadar akan risiko makan di malam hari, banyak orang tetap tidak bisa menghindari hasrat untuk menguyah menjelang tidur. Sebenarnya apa yang membuat orang lapar di malam hari dan cenderung memilih konsumsi junk food? Ini berbagai sebabnya seperti dipaparkan Live Strong:

1. Pola Makan Salah
Pergi tidur dengan kondisi perut kosong bisa membuat Anda tidak nyaman dan kemungkinan besar terjaga di tengah malam. Meskipun di saat tidur sistem pencernaan kerjanya melambat, tetap saja Anda tidak bisa mengabaikan rasa lapar yang muncul. Namun bukan berarti makan banyak tepat sebelum tidur menjadi solusinya. Pakar di Division Sleep Medicine, Harvard Medical School menyarankan, jika mau makan, makanlah makanan ringan yang tidak akan menyebabkan gangguan pencernaan atau mengganggu tidur. Makanan ringan yang ideal dikonsumsi sebelum tidur ini berbeda-beda pada setiap orang.

2. Nocturnal Eating Syndrome
Orang-orang yang memiliki nocturnal eating syndrome atau NES bisa terbangun dengan perasaan lapar yang teramat sangat. Mereka biasanya hanya mengonsumsi setengah dari kalori harian setelah pukul 18.00. Penderita NES ingin makan makanan tinggi karbohidrat seperti keripik kentang dan biskuit. Sindrom ini berkaitan dengan mood dan gangguan pola makan seperti obesitas. Penderita NES juga cenderung melewatkan waktu makan di pagi dan siang hari. Mereka pun jadi lesu dan sedih. Pada beberapa kasus, penderita NES juga bisa mengalami tidur sambil berjalan.

3. Pola Tidur
Pola tidur sangat menentukan kualitas istirahat Anda di malam hari. Tetap terjaga hingga dini hari atau bangun terlalu cepat berlawanan dengan sinyal tidur alami tubuh. Memiliki jadwal tidur yang teratur membantu tubuh memiliki ritme tidur. Waktu tidur yang tidak teratur atau pergi tidur dengan adanya suara musik atau TV bisa menyebabkan Anda insomnia atau terbangun dengan perasaan lapar.

4. Konsumsi Makanan atau Minuman
Jika sebelum tidur Anda mengonsumsi makanan atau minuman tinggi kafein seperti cokelat atau kopi, ini bisa menyebabkan tidur jadi tidak nyenyak. Anda berisiko besar bangun tengah malam dan ingin ngemil. Sebaiknya hindari mengonsumsi kafein setelah pukul 16.00 atau enam jam sebelum waktu tidur. Perhatikan juga apa yang Anda makan. Pada beberapa orang, makanan seperti keju atau buah berisiko membuat mereka terbangun dalam kondisi lapar di malam hari. Jadi coba perhatikan makanan apa yang biasanya menyebabkan hal tersebut pada Anda dan coba kurangi mengonsumsi makanan tersebut di sore hingga malam.






(eny/eny)