Trik Unik Kurangi Porsi Makan Berlebih: Pasang Musik, Redupkan Lampu

- wolipop Minggu, 03 Feb 2013 10:40 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Makan dalam jumlah yang berlebihan tidaklah sehat. Tidak masalah apakah Anda sedang berdiet atau tidak, porsi makan harus tetap dijaga. Memang, mengatur porsi makan bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi ketika Anda sedang makan sambil menikmati tayangan film favorit di ruang keluarga atau kamar, Anda tidak akan memperhatikan seberapa banyak makanan yang telah dikonsumsi. Namun, Anda dapat menyiasatinya dengan beberapa tips berikut ini, seperti dikutip dari Huffington Post.

1. Teguk Minuman Lebih Sedikit
Setiap kali minum jus buah, kopi, es teh manis, milkshake atau sirup, cobalah menggunakan sedotan atau coba teguk air minum sedikit demi sedikit. Meneguk minuman dalam porsi sedikit ternyata dapat membantu Anda untuk mengonsumsinya dalam jumlah minimal. Dalam sebuah penelitian, para ilmuwan mengundang 53 partisipan dan membagi mereka menjadi tiga kelompok. Yaitu kelompok dengan tegukan sedikit, banyak dan tegukan yang memperbolehkan peserta meminum seperti yang mereka mau. Ternyata partisipan yang minum dengan jumlah tegukan yang lebih sedikit mengonsumsi 30% lebih sedikit minuman.

2. Pilih Makanan Berbau Menyengat
Penelitian di tahun 2012 yang dimuat dalam jurnal Flavour menunjukkan bahwa makanan dengan bau menyengat dapat membantu mengontrol porsi makan Anda. Scientific American memaparkan di dalam penelitiannya, mereka memberikan vanilla custard kepada para partisipan dan membiarkan mereka mencium beberapa aroma vanilla. Ketika mereka mencium bau vanilla yang semakin menyengat, porsi makan mereka pun semakin berkurang.

3. Gunakan Piring dengan Warna Kontras
Berdasarkan penelitian yang dilakukan Dr. Brian Wansink dan Dr. Koert van Ittersum, memilih piring dengan warna yang kontras dengan warna makanan dapat membuat porsi makan Anda menjadi lebih sedikit. Hal ini disebabkan oleh adanya ilusi optikal yang disebut juga Delboeuf Illusion, dimana kita seperti memakan porsi yang lebih banyak daripada yang kita kira.

4. Makan di Piring Kecil
Makan di piring kecil ternyata dapat membantu Anda mengasup makanan lebih sedikit. Trik ini membuat berpikir bahwa Anda menyajikan makanan lebih banyak daripada yang sebenarnya Anda sajikan. Cara ini dipercaya dapat mengurangi porsi makan sebanyak 20%.

5. Makan dengan Lampu Redup & Alunan Musik
Hasil penelitian dari Wansink dan Ittersum menunjukkan bahwa lampu temaram dengan alunan musik pelan membuat responden makan 18% lebih sedikit dari porsi makanan yang mereka pesan. Suasana yang remang dengan alunan musik lembut membuat kepuasan mereka meningkat dan konsumsi makan menurun. Hal ini sangat mudah untuk diaplikasikan di rumah saat makan malam.

(hst/hst)