Liputan Khusus

Olahraga yang Wajib Dilakukan Agar Payudara Tidak Kendur

- wolipop Jumat, 21 Sep 2012 08:02 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Hampir semua wanita selalu ingin payudaranya tampak seksi walaupun sudah punya anak. Namun, ada beberapa orang yang mengatakan kalau memberikan ASI pada bayi bisa membuat payudara kendur. Mitos dan fakta banyak beredar, namun dengan olahraga yang tepat, payudara bisa dijaga agar tidak kendur.

"Itu mitos, kalau orang tersebut tidak pernah berolahraga untuk dadanya juga pasti kendur, tidak harus (karena) menyusui. Jadi, harus olahraga dada bila yang bersangkutan tidak mau bentuk dadanya jadi jelek. Bila sudah terlanjur kendur bisa diperbaiki dengan latihan dada lagi cuma nggak perfect," jelas Dr. Michael Triangto, SpKO, kepada wolipop melalui telepon, Selasa (18/09/2012).

Jika tidak mau payudara turun, Anda harus memiliki jadwal olahraga dada secara rutin. Buat latihan dada bersamaan dengan latihan lainnya. Dikutip dari Livestrong, Anda dapat mengencangkan payudara dengan angkat beban yang akan membantu menurunkan berat badan, mendukung jaringan payudara, serta memperkuat otot-otot punggung untuk berdiri tegak. Lakukan pula latihan lainnya, seperti berenang atau push-up.

Tidak hanya variasi olahraga dada seperti bench-press, fly dan pullover dengan beban saja, namun ada beberapa wanita yang menggunakan cara cepat untuk memperbaiki payudara mereka, yaitu dengan operasi payudara. Operasi payudara setelah melahirkan ternyata cukup populer sejak tahun 1997 dan meningkat hingga saat ini. Hal itu karena banyak ibu modern yang sangat mementingkan penampilan mereka.

"Pembesaran payudara setelah melahirkan paling sering diminta untuk memulihkan bentuk dan proporsi. Prosedur ini memang ideal bagi wanita yang telah memiliki anak dan jika dilakukan dengan benar maka tidak ada dampak yang berarti," ujar Dr Stuart Geldenhuys, ahli bedah kosmetik dari Cape Town, dikutip dari Health24.

Geldenhuys pun menuturkan operasi payudara membuat wanita merasa lebih baik dan percaya diri. Operasi dapat dilakukan setelah memberikan ASI eksklusif. Kini, wanita begitu memperhatikan perhatiannya walaupun sudah mempunyai anak, ditambah adanya kemajuan medis, serta teknologi yang dapat mengoptimalkan penampilan.

Bagi Anda yang ingin mengencangkan payudara. Anda bisa pilih sendiri yang mau digunakan, olahraga sejak dini atau operasi setelah memberikan ASI? Alangkah baiknya bila Anda mengetahui terlebih dahulu risiko serta manfaat yang akan dihasilkan.

(eny/hst)