4 Manfaat Kickboxing Untuk Tubuh Indah & Sehat

- wolipop Senin, 10 Jan 2011 08:36 WIB

Jakarta - Selain fitnes di gym, ada beberapa jenis olahraga yang efektif membakar kalori dan membentuk tubuh ideal. Kickboxing, adalah salah satunya.

Selain fitnes di gym, ada beberapa jenis olahraga yang efektif membakar kalori dan membentuk tubuh ideal. Kickboxing, adalah salah satunya. Olahraga bela diri ini mengandalkan kontak fisik secara intens seperti menendang, meninju, dan menghindari pukulan sehingga membutuhkan fisik dan stamina yang kuat.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dari olahraga kickboxing. Latihan ini bermanfaat menurunkan berat badan, membentuk otot, melatih fleksibilitas otot, melatih kecepatan dan ketangkasan, koordinasi antara mata dan tangan, meningkatkan kewaspadaan mental, melatih keseimbangan, menyempurnakan postur tubuh dan menambah kepercayaan diri.

Kenapa olahraga ini menghasilkan banyak manfaat?

Pertama, kickboxing banyak menggunakan gerakan tangan seperti meninju, menahan pukulan dan menghindari pukulan. Jadi hampir semua otot tangan digunakan secara simultan tanpa harus berkali-kali mengulang gerakan yang cenderung membosankan (seperti sit up dan push up).

Kedua, kickboxing memerlukan keseimbangan yang baik dan kecepatan kaki untuk menendang dan bergerak. Jika dilakukan secara rutin, latihan ini menghasilkan kaki yang ramping dan mengencangkan bokong.

Ketiga, latihan ini efektif sebagai pelampiasan stres. Gerakan meninju, menendang dan membloking serangan dengan cepat membutuhkan konsentrasi penuh sehingga masalah dalam pikiran Anda bisa teralihkan sejenak.

Keempat, kickboxing merupakan olahraga yang menyenangkan dan tidak membosankan, sehingga Anda tidak menyadari berapa lama Anda latihan. Selesai latihan, tak kurang dari 1000 kalori telah berhasil Anda buang.




(eny/eny)