Desain iPhone Terbaru Dikritik Feminis, Ini Alasannya

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 15 Sep 2018 09:24 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Apple kembali mengeluarkan produk ponsel iPhone versi terbaru. Perusahaan gadget itu juga mengumumkan jika salah satu seri yakni iPhone SE akan berhenti diproduksi. Hal tersebut ternyata mengundang kekesalan dari sebagian wanita. Dikatakan jika para feminis mengritik desainnya yang semakin besar dan tidak sesuai tangan wanita.

Dibanding pria, wanita memang memiliki fitur tubuh yang cenderung lebih kecil, termasuk telapa tangan. Hal ini ternyata bisa merugikan mereka dalam menggunakan ponsel. Apalagi layar iPhone seri X punya ukuran lebar mulai dari 5,8 inchi hingga 6,5 inchi yang memang lebih besar dari varian sebelumnya. Sedangkan iPhone SE adalah produk dengan layar paling kecil yakni 4 inchi yang dianggap lebih nyaman.

Desain iPhone Terbaru Dikritik Feminis, Ini AlasannyaFoto: Getty Images
Lebar handphone yang terlalu besar memang kadang membuat penggunaan kurang nyaman dan kurang praktis untuk para wanita. Hal itu pun disadari aktivits feminis Caroline Criado Perez. Ia mengaku pernah mengalami cedera artritis karena telapak tangan yang tegang ketika memegang iPhone 6. Artritis Caroline pun menghilang setelah mengganti ke seri yang lebih jadul yakni iPhone SE.

Hal itu disampaikan Caroline dalam akun Twitter-nya. Aktivis itu menulis jika Apple mengecewakan karena hanya membuat update iPhone yang tidak sesuai dengan kebanyakan tangan wanita. Ia mengklaim jika Apple hanya mendesain produk untuk pria tanpa memikirkan kebutuhan pelanggan wanita.

"Jadi aku pikir aku lebih baik meng-upgrade sekarang sebelum mereka memberhentikan satu-satunya ponsel yang sesuai di kebanyakan tangan wanita. Apa yang salah denganmu, @Apple? Para wanita membeli smartphone. Bahkan lebih banyak wanita membeli iPhone dari pada pria. Mendesainlah untuk tubuh kami," tulisnya.

Desain iPhone Terbaru Dikritik Feminis, Ini AlasannyaFoto: Getty Images
Selain Caroline, beberapa wanita juga menuliskan keluhannya dengan desain iPhone terbaru. Salah satunya adalah profesor UNC dan penulis The New York Times, Zeynep Tufekci. "'Selamat datang (handphone) layar lebar' kata Apple dan wanita sepertiku dengan tangan kecil yang butuh ponsel yang lebih nyaman untuk alasan keamanan terjebak dengan sesuatu yang tidak bisa dipegang dan terus berisiko jatuh," tulisnya.

Beberapa orang beropini jika Apple cenderung mendesain produk untuk pria dan kurang memperhatikan pelanggan wanita. Beberapa menyoroti kurangnya pekerja wanita dalam jajaran tertinggi perusahaannya sebagai salah satu penyebab.




Tonton juga 'Kocak! Ada Video Parodi Wujud iPhone di Masa Depan':



(ami/ami)