ADVERTISEMENT

Hari Batik Nasional 2022

Iriana Jokowi, Istri Gubernur & 3 Ribu Wanita Pecahkan Rekor Berkebaya

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 02 Okt 2022 19:00 WIB
Iriana Jokowi di Pawai Kebaya Foto: dok. Youtube/Gibran TV
Solo -

Iriana Jokowi bersama tiga ribu wanita melakukan pawai menggunakan kebaya di jalan raya sekitar Solo tepat di Hari Batik Nasional (2/10/2022). Acara bertema Berkebaya Bersama Ibu Negara itu berhasil memecahkan rekor MURI.

Berjalan di paling depan, Iriana mengenakan kebaya dengan motif bunga dan dipadankan dengan kain batik jarik Wiru. Iriana juga mengenakan kerudung ungu.

Istri Presiden Joko Widodo itu berjalan di depan bersama Wuri Ma'ruf Amin, istri Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Mereka berjalan di depan didampingi dengan tujuh 'wanita mandiri' yang mengenakan kebaya dalam keseharian.

Mereka datang dari profesi penjual jamu dan buruh gendong pasar Legi. Pada 17 Agustus kemarin, mereka ikut mengawal Bendera Pusaka dari Monas ke Istana Negara.

[Gambas:Instagram]

Tak hanya itu, ada 28 'wanita mandiri' lainnya yang mengabdikan diri mengenakan kebaya setiap hari dan saat bekerja. Totalnya, ada 35 'wanita mandiri' yang ikut serta dalam momen ini pawai kebaya bersama Iriana Jokowi.

Di momen tersebut, hadir pula seluruh istri Gubernur se-Indonesia yang tampil cantik dan kompak berkebaya. Terlihat juga Ketua MPR Puan Maharani yang mengenakan vest batik bernuansa merah.

Dalam kesempatan itu, Iriana juga menandatangani dukungan kebaya goes to internasional, sehingga diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh Unesco.

"Kain dan kebaya telah lama jadi ciri khas busana wanita Indonesia. Kepada wanita Indonesia yang selalu setia mengenakan kebaya dalam kesehariannya, semoga kecintaannya terhadap kebaya bisa menginspirasi wanita Indonesia yang lain. Selamat hari Batik Nasional," kata Iriana Jokowi saat memberi sambutan.



Simak Video "Ribuan Wanita Ikut Pawai Kebaya Bersama Iriana Joko Widodo"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)