Jual Ribuan Jeans Dalam 15 Menit, RUCAS.Co Kembali Sabet Rekor MURI

Inkana Putri - wolipop Jumat, 10 Des 2021 10:18 WIB
Brand Fesyen RUCAS.CO Foto: Instagram/RUCAS.CO
Jakarta -

Industri fesyen Indonesia memang semakin berkembang. Hal ini terlihat dari banyaknya brand lokal yang kian maju dengan produk-produk fesyen unggulannya.

RUCAS.CO, menjadi salah satu brand fesyen lokal yang kerap mendapat penghargaan Rekor MURI atas penjualannya. Usai mencatatkan rekor pada Juli 2020 berkat penjualan ribuan jeans tercepat dalam waktu 1 jam, tahun ini RUCAS kembali mendapat rekor dengan penjualan ribuan jeans dalam waktu 15 menit!

"Awalnya itu kita udah pernah dapet Rekor MURI di tahun 2010, dan kita targetnya di-launching yang sekarang itu mau ngalahin rekor sendiri dan puji Tuhan kesampaian. Ada ribuan sih yang terjual, cuma kalau jumlah pastinya kita belum tahu, cuma lebih banyak dari sebelumnya," ujar Founder RUCAS, Rubin Castor Muhardi kepada detikcom.

Lebih lanjut, ia mengatakan keberhasilan brand miliknya tak terlepas dari kerja keras tim dan para pelanggan setia RUCAS. Apalagi dulunya RUCAS hanya berawal dari produk yang ia produksi sendiri.

"Jadi awalnya itu dari pribadi kan aku owner dan founder RUCAS, awalnya itu aku kesusahan cari celana jeans yang bawahnya kecil dan pas di badan aku. Nah karena susah, jadi aku buat sendiri," paparnya.

Meski awalnya hanya diproduksi untuk kebutuhan pribadi, Rubin kemudian melihat adanya potensi dari produk miliknya. Terlebih jeans buatannya disukai oleh teman-temannya. Oleh karena itu, ia akhirnya mencoba mendirikan brand RUCAS dan menjual jeans secara online melalui Instagram di tahun 2019.

"Awalnya buat untuk dipakai sendiri, tapi lama-lama temen-temen pas aku pakai liat dan nanya itu celana apa. Aku bilang bikin sendiri, terus mereka bilang bagus. Nah, dari sana kepikiran kenapa nggak coba aku jual gitu," katanya.

"Untuk penjualan awalnya online langsung pas pertama kali jual. Awalnya pas tahun 2019, langsung jual di media sosial Instagram. Dulu awalnya jeans, sekarang ada jaket, kemeja, flannel udah merambah ke yang lain," lanjutnya.

Meski saat ini telah banyak brand fesyen lain yang menjual jeans, Rubin mengaku RUCAS memiliki keunggulan tersendiri, yang membuat produknya kian laris di pasaran. Salah satunya RUCAS fokus memproduksi fashion apparel dengan misi membuat pakaian dengan kualitas terbaik dan desain terkini.

"Kami menjual kemeja, celana denim, jaket denim. Tapi, yang membedakan kami dari yang lain adalah kualitas," ungkapnya.

Di samping itu, RUCAS juga tidak memproduksi ulang barang yang telah dirilisnya. Hal inilah yang menjadikan brand milik Rubin dinanti masyarakat dan memiliki harga yang melampaui ritel karena produk yang limited edition.

Menariknya lagi, RUCAS juga kerap merilis beberapa kolaborasi eksklusif yang selalu diminati masyarakat. Seperti halnya kolaborasi produk jeans bersama Youtuber Bimo Putra Dwitya dan tim e-sport BIGETRON. Adapun seluruh produk yang RUCAS tawarkan selalu habis terjual di hari perilisannya.

Selain kerja keras para tim, Rubin mengaku keberhasilannya ini juga tak lepas dari adaptasi RUCAS terhadap teknologi dan digitalisasi. Rubin menceritakan di saat website milik RUCAS memiliki gangguan, dirinya akhirnya memutuskan untuk memanfaatkan marketplace di Tokopedia.

"Awal mula jualan di marketplace itu di tahun 2020, kita pake marketplace karena website kami itu selalu down. Terus kita kerja sama dengan marketplace yang bisa menyediakan marketplace yang lebih kuat," ungkapnya.

Tak hanya mempermudah penjualannya, RUCAS juga sangat terbantu dengan adanya berbagai fitur yang ditawarkan Tokopedia. Bahkan, di setiap peluncuran produknya, RUCAS selalu memanfaatkan fitur Rilisan Special di Tokopedia. Hal ini termasuk penggunaan countdown timer sebelum perilisan untuk meningkatkan antusiasme pembeli terhadap produk eksklusifnya.

"Kalau dampak peningkatan omzet belum terlalu signifikan, tapi kita di-support banyak sama Tokopedia. Lebih tepatnya, apapun yang kita butuhin, kita ngobrol sama Tokopedia. Kita discuss, terus mereka biasa juga support kita pas mau launching, mulai dari server, promosi, banyak deh, koordinasi juga. Kita kan dikasih PI sendiri ya, jadi menguntungkan banget sih kalau pakai marketplace. Membantu banget," imbuhnya.

Meski telah berulang kali mencetak Rekor MURI, Rubin mengaku prestasi tersebut bukan merupakan akhir. Ke depan, ia akan berinovasi membuat berbagai produk fesyen lainnya dan berkolaborasi dengan para artis atau influencer lain.

"Pasti kita mau merambah ke yang lain juga, nggak cuma celana, kemeja, dan jaket. Tentunya kita juga udah hire beberapa orang baru untuk meningkatkan desain dan kualitas kita juga," pungkasnya.

(fhs/eny)