9 Gaya Paling Kontroversial di MET Gala, Putri Diana Hingga Rihanna

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 17 Sep 2021 19:15 WIB
Rihanna di MET Gala 2015 (Andrew H. Walker/Getty Images for Variety) Rihanna di MET Gala 2015 (Andrew H. Walker/Getty Images for Variety)
New York City -

Setiap tahunnya, MET Gala bertabur selebriti yang datang dengan busana terglamor, terheboh hingga terminim. Tak heran, banyak di antaranya tak luput dari kontroversi.

MET Gala atau MET Ball sendiri sudah berlangsung sejak 1948 dan digagas oleh Eleanor Lambert, seorang pemerhati dan humas fashion untuk menggalang dana bagi Costume Institute di Metropolitan Museum of Art, New York City, AS.

Seiring berjalannya waktu, MET Gala menjadi ajang adu gaya para pesohor yang tak cuma datang dari industri hiburan dan fashion, tapi juga tokoh politik dan bintang olahraga. Mereka pun berlomba memberikan penampilan terbaiknya sesuai dengan tema yang diusung.

Ada yang meninggalkan kekaguman, tapi tak sedikit pula memicu kontra dan banjir kritikan. Berikut deretan gaya para tamu MET Gala yang menjadi kontroversi:


1. Putri Diana di MET Gala 1996

NEW YORK - DECEMBER 09:  Diana, Princess of Wales, wearing a John Galliano dress, arrives with her friend Liz Tilberis for a Costume Institute Ball at the Metropolitan Museum of Art on December 09, 1996 in New York, USA. (Photo by Anwar Hussein/Getty Images)Putri Diana di MET Gala 1996. (Foto: Getty Images/Anwar Hussein)

Sorotan tertuju pada Putri Diana ketika ia menghadiri MET Gala 1996 yang kala itu digelar untuk menghormati sosok desainer legendaris Christian Dior. Gaun Dior biru navy dengan detail renda menjadi andalan Putri Diana untuk MET Gala perdananya tersebut. Tidak ketinggalan tas Dior, yang kini dikenal sebagai Lady Dior (dinamai demikian karena terinspirasi oleh sosok Diana).

Akan tetapi, gaun tersebut meninggalkan impresi buruk karena disebut-sebut mirip dalaman. Ditambah lagi, Putri Diana baru saja resmi bercerai dari Pangeran Charles pada tahun yang sama. Perhelatan tersebut menjadi satu-satunya MET Gala yang dihadirinya sebelum meninggal setahun kemudian.


2. Kim Kardashian di MET Gala 2013

NEW YORK, NY - MAY 06:  Kim Kardashian attends the Costume Institute Gala for the Kim Kardashian di MET Gala 2013 (Foto: Larry Busacca/Getty Images)


MET Gala 2013 menjadi debut Kim Kardashian di hajatan yang kala itu bertema "PUNK: Chaos to Couture". Hamil anak pertama buah cintanya dengan Kanye West, Kim muncul dalam balutan gaun ketat penuh motif floral yang memeluk tubuhnya.

Namun, penampilan perdananya itu malah menjadi bulan-bulanan di media sosial. Muncul berbagai meme yang membandingkan gaya Kim dengan sofa hingga karakter Mrs. Doubtfire. "Aku menangis sepanjang jalan pulang," ungkap Kim kepada Vogue ketika ditanya soal reaksinya saat melihat meme tersebut.


3. Sarah Jessica Parker di MET Gala 2015

NEW YORK, NY - MAY 04: Sarah Jessica Parker attends the Foto: Getty Images/Dimitrios Kambouris

"China: Through The Looking Glass" diusung sebagai tema MET Gala 2015. Kendati demikian, busana selebriti yang mendominasi justru bukan dibuat oleh desainer China sehingga menimbulkan kekecewaan seperti dikabarkan Insider.

Ikon fashion Sarah Jessica Parker misalnya, memakai gaun hitam buah kolaborasinya dengan merek fast-fashion Swedia H&M. Namun, hiasan kepalanya yang memicu kontroversi. Headpiece merah dramatis berbentuk lidah api karya Philip Treacy itu disebut rasialis dan mengglorifikasi stereotipe 'Dragon Lady' yang memposisikan perempuan China sebagai objek seksual dan penjahat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3