Anne Avantie Ungkap Pesan di Balik Baju Lampung Jokowi di HUT Ke-76 RI

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 17 Agu 2021 12:16 WIB
Presiden Joko Widodo kembali kenakan pakaian adat saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Kali ini, Jokowi memakai pakaian adat Lampung. Presiden Joko Widodo pakai baju adat Lampang untuk HUT ke-76 RI. (Foto: Dok. Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Busana adat Indonesia sekali lagi menemani penampilan Presiden Joko Widodo di upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk HUT Ke-76 RI, Jokowi memakai baju adat Lampung.

Acara berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, pada Selasa (17/8/2021) pagi. Didampingi Ibu Negara Iriana, Jokowi muncul dengan busana bernuansa merah-putih.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara IrianaPresiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di Istana Merdeka untuk menghadiri upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021). (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Busana andalan orang nomor satu di Indonesia itu terdiri dari atasan putih berpotongan jas tutup berhiaskan kancing emas dengan celana panjang senada, berikut songket merah keemasan yang melapisi celana dan ada pula yang dijadikan selendang.

Turut melengkapi gaya Jokowi, sebuah sabuk merah dengan detail ukiran emas dan topi bergaya melayu yang dihiasi detail batu alam. Untuk alas kaki, Presiden ke-7 RI itu memilih sepatu hitam formal bergaya klasik.

Tidak ketinggalan masker putih dengan desain spesial yang dihiasi logo HUT ke-76 RI dan temanya, "Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh."

Penampilan Jokowi ini seolah melanjutkan spirit nasionalisme lewat busana merah-putih di acara yang sama tahun lalu. Kala itu, ia memakai baju adat khas Timor Tengah Selatan, NTT, dalam nuansa merah dan putih.

Presiden Joko Widodo kembali kenakan pakaian adat saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Kali ini, Jokowi memakai pakaian adat Lampung.Presiden Joko Widodo kembali kenakan pakaian adat saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Kali ini, Jokowi memakai pakaian adat Lampung. (Foto: Dok. Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pilihan busana Jokowi untuk HUT ke-76 RI ini mendapat apresiasi dari desainer Anne Avantie yang terkenal dengan koleksi kebaya modifikasinya.

"Saya sangat bangga pada busana yang dikenakan oleh Bapak Presiden Jokowi, yang berasal dari adat Lampung. Betapa karya anak negeri ini diapresiasi oleh pemimpin negara kita sehingga menjadi sebuah simbol kebhinekaan yang mencerminkan Indonesia," kata Anne Avantie kepada Wolipop detikcom.

Menurut Anne Avantie, ada sebuah pesan yang tersirat lewat penampilan tersebut. "Beliau mengingatkan akan arti pentingnya nguri-uri (melestarikan) budaya dan sejarah yang terkandung dalam busana adat. Busana adat dan budaya itu hendaknya dijadikan sebagai pemersatu bangsa," kata yang karyanya pernah dipakai Jokowi untuk perayaan Hari Imlek Nasional 2020 lalu.

Presiden Joko Widodo kembali kenakan pakaian adat saat upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI. Kali ini, Jokowi memakai pakaian adat Lampung.(Foto: Dok. Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Dipilihnya busana adat Lampung ini, lanjut Anne, sekaligus mencerminkan bagaimana Indonesia terus berinovasi tanpa meninggalkan akar budaya dan menjaga kearifan lokal. Hal tersebut sesungguhnya menjadi kekuatan Indonesia terutama menghadapi tantangan di tengah pandemi.

Anne Avantie turut memuji Ibu Negara yang berbalut kebaya panjang dan songket berwarna kuning.

Warna kuning adalah pesan kehangatan dan energi positif yang bersinergi sehingga menimbulkan sebuah warna optimis bahwa bangsa ini akan sehat dan pulih kembali. Itu pesan dan doa di balik busana nasional Ibu Negara Iriana Jokowi," katanya.



Simak Video "Anne Avantie Putuskan Pensiun Bikin Kebaya untuk Puteri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)