5 Ide Fesyen Nuansa Etnik biar Makin Stylish dan Kekinian

Jihaan Khoirunnisa - wolipop Kamis, 22 Jul 2021 14:20 WIB
Ilustrasi Fesyen Etnik Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Siapa bilang busana etnik nggak bisa bikin penampilan jadi kekinian? Apalagi saat ini sudah banyak outfit yang didesain menggunakan kain etnik yang tak hanya cantik tapi juga stylish. Ini memberikan kesan yang unik bagi pemakainya.

Nggak cuma batik, ternyata ada banyak kain tradisional khas #DiIndonesiaAja yang bisa jadi outfit masa kini. Dengan motif etnik, kain-kain seperti tenun, songket, ulos, dan lainnya bisa dipadupadankan menjadi busana stylish. Berikut 5 inspirasi outfit busana bernuansa tradisional yang bisa jadi referensi gaya kamu.

1. Scarf Batik

Scarf BatikScarf Batik Foto: Instagram/@mahestri_id

Bicara soal kain khas Indonesia, batik tentu menjadi hal pertama yang kerap terlintas. Wastra yang satu ini memang telah melekat sebagai identitas bangsa Indonesia. Tak heran hingga kini batik sering digunakan sebagai pakaian resmi di berbagai acara.

Selain cocok jadi pakaian resmi, ternyata batik kini juga dipakai sebagai aksesori kekinian seperti scarf. Mahestri, salah satu UMKM lokal menghadirkan aneka scarf batik dengan motif dan warna yang cantik. Tak hanya itu, scarf batik ini juga cocok dipadukan dengan busana resmi maupun kasual.

2. Celana dan Outer Batik

Celana dan Outer BatikCelana dan Outer Batik Foto: Instagram/@apikmen

Tak hanya wanita, kini pria juga bisa tampil kece dengan busana batik yang kekinian. Produsen fesyen lokal, Apikmen, menghadirkan ragam inovasi busana batik mulai dari celana, outer, hingga setelan batik bagi pria. Meskipun bermotif utama batik, busana ini masih menonjolkan kesan stylish bagi para pemakainya.

3. Dress Songket

Dress SongketDress Songket Foto: Instagram/@house_of_vewilma

Songket merupakan salah satu kain tradisional yang telah menjadi warisan budaya Indonesia. Di Indonesia, songket biasanya terbuat dari benang emas yang dikombinasikan dengan benang berwarna cerah lainnya.

Awalnya, songket kerap digunakan untuk upacara adat, pernikahan, atau pesta lainnya. Namun, seiring berkembangnya zaman, banyak produsen fesyen yang berinovasi menjadikan songket sebagai busana harian.

Seperti salah satu produsen fesyen, Vewilma yang menawarkan aneka desain songket mulai dari gaun, blouse hingga tunik. Menariknya, Vewilma juga menghadirkan pilihan mode fesyen untuk para pemakai hijab agar tampil stylish.

4. Masker Etnik

Masker BatikMasker Batik Foto: Instagram/@tioriabycaramia.official

Masker menjadi satu hal penting yang wajib dikenakan di tengah pandemi saat ini. Momen ini pun dimanfaatkan oleh para pegiat fesyen lokal untuk menghadirkan masker stylish dengan sentuhan etnik. Mahestri dan Tioria by Caramia menjadi dua UMKM lokal yang menawarkan aneka masker dengan motif khas nusantara.

Mahestri menghadirkan ragam masker dengan aneka motif seperti batik garutan, kontemporer, hingga tenun lurik Jogja. Sementara itu, Tioria by Caramia menonjolkan koleksi masker berwarna cerah dengan motif khas Kota Jakarta seperti Ondel-ondel, Bajaj, Transjakarta, dan lainnya.

5. Kalung

KalungKalung Foto: Instagram/@nahdijewelry.id

Selain busana, kamu tentu juga perlu memperhatikan aksesori. Kalung bermodel etnik milik Nahdijewelry tentu akan menambah kesan stylish untuk outfit of the day (OOTD) kamu. Nahdijewelry menghadirkan aneka kalung dengan ciri khas Nusantara seperti kalung dari fosil kerang Papua, kalung dengan pendant khas Dayak, hingga kalung mamuli dari NTT. Tak hanya cantik, seluruh koleksi kerajinan tangan ini juga cocok dikenakan dalam acara formal maupun kasual.

Unik dan modern bukan? Sebagai warga Indonesia tentunya kita harus bangga dengan beragamnya kerajinan kreatif khas Nusantara. Selain melestarikan budaya, dengan #BeliKreatifLokal kamu dapat turut membantu para pelaku industri kreatif Indonesia. Adapun hal ini juga sejalan dengan upaya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam memajukan brand lokal.

"Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk terus berkembang dan menguatkan satu sama lain. Dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi," kata Sandiaga.

Selain itu, seluruh produk tersebut juga bisa kamu dapatkan dengan mudah dan nyaman dari rumah. Namun, pastikan juga kamu tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menerapkan 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, menghindari makan bersama, dan menjauhi kerumunan. Selain itu, ikuti juga program vaksinasi untuk menciptakan herd immunity dalam melawan COVID-19.

Buat kamu yang ngaku cinta Indonesia, ikuti juga TikTok Hashtag Challenge #DiIndonesiaAja dan menangkan hadiah saldo uang elektronik sebesar Rp 250 ribu dan merchandise eksklusif Wonderful Indonesia untuk 20 orang pemenang! Follow juga Instagram @pesonaid_travel untuk tahu informasi lengkap tentang kuliner dan destinasi wisata #DiIndonesiaAja

(ncm/ega)