Makna Baju Ungu yang Dipakai Kamala Harris di Pelantikan Joe Biden

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 21 Jan 2021 09:14 WIB
Kamala Harris saat dilantik menjadi Wapes AS Foto: CNN
Jakarta -

Dalam pelantikan presiden Joe Biden di Gedung Capitol, Rabu (20/1/2021), wakil presidennya Kamala Harris tampil menggunakan baju warna ungu. Ternyata ada makna di balik baju ungunya tersebut.

Dalam hari bersejarahnya itu, Kamala Harris menggunakan shift dress dan coat ungu karya desainer muda Christopher John Rogers. Nyatanya, tidak hanya Kamala saja yang menggunakan busana warna ungu.

Sejumlah wanita-wanita penting dalam acara inagurasi tersebut juga menggunakan busana ungu. Ada Hillary Clinton yang mengenakan baju monokrom ungu dari atas sampai bawah. Ia menggunakan celana, blazer hingga scraf, dan luaran coat yang serba ungu.

Juga Michelle Obama yang tampil chic dengan busana ungu plum. Datang bersama Barack Obama, Michelle menggunakan celana wide-leg dengan atasan turtle neck.

Seperti dikutip dari Town & Country, warna ungu kaya akan simbolisme. Ungu menjadi warna bangsawan. Menurut sejarawan Gwendolyn Dubois Shaw, demokrasi kita muncul dari situasi monarki dan kolonial. Kita tidak pernah memiliki royalt sendiri, jadi kita cenderung menunjukkan keinginan itu.

Warna ungu juga merupakan lambang kehormatan yang diberikan oleh militer Amerika Serikat untuk para veteran yang terluka dan terbunuh dalam menjalankan tugas.

Tapi ada makna lain sederhana seperti warna cat 1,2,3. Dalam cat angka tersebut adalah warna merah + biru = ungu. Warn tersebut adalah seruan untuk persatuan demi menyembuhkan perpecahan besar antara Partai Republik dan Partai Demokrat dengan lambang merah dan biru yang telah bertikai sengit selama 12 tahun terakhir.



Simak Video "Gaya Jill Biden dan Kamala Harris di Pelantikan Presiden AS"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)