Sepeda dan 3 Produk Fashion Made In Bandung Ini Dipakai Jokowi

Yudha Maulana - wolipop Senin, 31 Agu 2020 16:30 WIB
Produk sneakers Nah Project Gaya Jokowi pakai sneakers lokal made in Bandung. Foto: Rengga Sancaya
Bandung -

Presiden Joko Widodo kerap meng-endorse sejumlah brand karya anak bangsa. Salah satu yang mencuri perhatian belakangan ini adalah sepeda Kreuz Bike yang diproduksi di Bandung.

Rupanya, bukan hanya sekali orang nomor satu di Indonesia itu mempromosikan produk dari Kota Kembang. Ada sejumlah produk 'made in Bandung' yang pernah dipakai Jokowi saat melakukan lawatan ke berbagai tempat. Apa saja produk buatan Bandung yang dipakai Jokowi?

1. Jas Hujan Ame Raincoat

Ame Raincoat dimulai sebagai proyek kampus dari Bimo dan Mirza yang kala itu berkuliah desain di Institut Teknologi Bandung (ITB). Baru pada 2015, bisnis ini ditekuni keduanya secara total. Berfokus pada desain pakaian musim hujan, karyanya tak terfokus hanya jaket, namun juga cover sneakers, celana hingga tas.

Brand ini tetiba menjadi sorotan setelah, setelah Jokowi mendatangi booth Ame Raincoat yang mejeng di ideafest, lalu membeli sebuah jas hujan berwarna terracotta. Jaket itu langsung dipakai mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut untuk berjalan-jalan di pembukaan ideafest.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam Pameran IdeaFest 2018. Kehadiran Jokowi untuk membuka festival kreatif tahunan itu.Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hadir dalam Pameran IdeaFest 2018. Jokowi memakai jas hujan dari Ame Raincoat. Foto: Rengga Sancaya

"Semoga setelah dipakai Pak Jokowi dagangannya laris. Orang-orang juga lebih melek desain, lihat raincoat enggak cuma fungsinya tapi bisa juga dipakai yang lain. Marketnya teredukasi, bisa juga nih jas hujan kelihatan keren. Mungkin setelah lihat Pak Jokowi, mereka mungkin jadi beli ke kita," ungkap Bimo, salah seorang founder Ame Rain Coat.

2. Sneakers NAH Project

Penjualan Sneakers lokal NAH Project mendadak melejit menjadi ribuan pasang sebulan, setelah sepatu berwarna hitam-putih buatan brand asal Bandung ini di-endrose oleh Jokowi.

Rizky Arief Dwi P, salah satu Founder sekaligus CEO Nah Project bercerita, bisnis yang dimulai pada Oktober 2017 itu, pada awalnya hanya mampu menjual 20 pasang sepatu, dari 30 sepatu yang diproduksi tiap bulan. "Bulan pertama baru bisa jual 20 pasang sepatu," kata Rizky, Agustus 2018 lalu.

Produk sneakers Nah ProjectJokowi pakai sneakers Nah Project. Foto: Dok: Instagram @nah.project

Awalnya sepatu yang mereka pasarkan adalah sepatu kulit imitasi untuk kebutuhan formal. "Nah karena bermodal dulu sempat belajar marketing, produksi sepatu kulit di Bandung, jadi kita mulai dengan sepatu kulit, sebenarnya kulit imitasi, tapi sepatunya yang formal. Itu satu satunya yang kita keluarin di NAH Project di awal awal kita berdiri," ujarnya.

Sejak Oktober 2018 eksperimen terus dilakukan. Pada bulan pertama, Nah Project baru bisa menjual 20 pasang sepatu. Total ada 30 pasang sepatu yang diproduksi. Dia dibantu oleh vendor sepatu kenalannya.

"Karena ada kenalan sama tukang yang bisa produksi sepatu, vendor sepatu yang di Bandung, kita bisa utang. Jadi awalnya kita utang sebulan, kita produksi 30 pasang. Utang sebulan, kita jual semua, baru kita puterin uangnya, terus produksi lagi," lanjutnya.

3. Jaket Rawtype Riot

Jaket buatan Made in Bandung yang pernah dipakai Jokowi adalah merk Rawtype Riot. Brand yang dirintis Decky Sastra ini langsung dibeli Jokowi ketika dipamerkan di Istana Negara Bogor, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Sabtu 28 Oktober 2017.

Jokowi mmebeli jaket berwarna hijau dengan gambar tengkorak dan kuas lukis.

Jaket Garang JokowiJaket Jokowi dari Rawtype Riot. Foto: Dok. Rawtype Riott

"Waktu itu Saya lagi ngerespons sepatu, Saya lagi painting sepatu-nya Exodos 57 (merek sepatu made in Bandung). Waktu dia (Jokowi) datang, tanya lagi apa? Saya jawab, lagi painting sepatu, dia langsung tertuju melihat jaket. Dia lihat bagus bahannya jahitannya. Langsung dipakai sama dia," kata Decky.

Uniknya, Jokowi tak cuma-cuma mengenakan jaket tersebut. "Dia beli. Enggak gratisan," ujarnya.

4. Sepeda Kreuz Bike

Presiden Joko Widodo memamerkan sejumlah koleksi sepedanya, yang semuanya bermerek lokal. Di antaranya sepeda merek Kreuz Bike asal pabrikan Kota Bandung.

Salah seorang owner Kreuz Bike Yudi Yudiantara merasa bangga sepedanya bisa dipakai oleh orang nomor satu di Indonesia itu. Menurutnya produk lokal pun tak kalah bersaing dengan produk dari mancanegara.

"Bagus, jadi ini menunjukkan bahwa produk lokal tidak kalah dengan produk luar, jadi pembuktian produk lokal itu tidak kalah kualitasnya," ujar Yudi saat dihubungi detikcom, Minggu (16/8/2020).

Jokowi pamer koleksi sepedaJokowi pamer koleksi sepeda buatan Bandung. Foto: Instagram Jokowi

Yudi mengatakan, Presiden Jokowi memesan dua unit sepeda dari bengkel produksinya melalui sekretaris pribadi presiden. Walau begitu, ia tak langsung percaya dengan permintaan tersebut.

"Sesprinya melalui WA menghubungi saya beberapa bulan yang lalu, saya tidak langsung percaya, karena di tengah kondisi seperti ini banyak orang yang tidak benar. Akhrinya suatu waktu kita bertemu di Jakarta dan dia memperlihatkan semuanya bahwa dia Sespri," ucap Yudi.

Setelah itu, transaksi jual beli pun dilakukan. Menurut Yudi, Jokowi memesan sepeda dari garasinya tetap mengikuti prosedur yang telah ditetapkan perusahaan. "Ya bayar DP sesuai dengan aturan kita, ikuti antrean, ya saya ucapkan terima kasih, kalau percaya produk kita," ujarnya.

"Ya pada intinya, siapa lagi yang harus bangga dengan produk dalam negeri ya, kalau bukan rakyat atau pemimpinnya," tambahnya.



Simak Video "Filosofi Baju Adat Timor Tengah Selatan yang Dipakai Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/eny)