Bendera Merah Putih: Sejarah hingga Artinya untuk Bangsa Indonesia

Lusiana Mustinda - wolipop Minggu, 02 Agu 2020 21:50 WIB
Ribuan warga dari berbagai elemen masyarakat ikut serta dalam Kirab Kebangsaan Merah Putih. Bendera Merah Putih sepanjang 540 meter membentang dalam kirab itu. Bendera merah putih. Foto: Antara Foto/Aji Styawan
Jakarta -

Bendera merah putih adalah bendera kehormatan bangsa Indonesia. Dikutip dalam buku berjudul 'Mengenal Indonesia: Aku Cinta Indonesia, Tak Kenal Maka Tak Sayang' oleh Boli Sabon Max bendera merah putih dulu sudah digunakan oleh kerajaan-kerajaan kuno di Indonesia.

Dalam sejarahnya, merah putih diambil dari mitologi bangsa Austronesia yaitu warna merah yang berarti 'tanah' dan putih yang berarti 'langit'. Warna merah putih terinspirasi dari warna panji Kerajaan Majapahit dengan sembilan garis merah dan putih. Sebelumnya, bendera dengan warna ini juga pernah digunakan saat Jayakatwang melawan Kertanegara dari Kerajaan Singosari.

Sebagai wujud protes melawan penjajah Belanda, pengibaran merah putih ini terjadi di pulau Jawa pada tahun 1928. Kala itu, Indonesia dalam penjajahan Belanda dan pengibaran bendera merah putih dilarang oleh para tentara Belanda. Tahun 1940, Jepang masuk ke Indonesia sehingga gerakan-gerakan nasionalisme mulai bermunculan.

Sang Saka bendera merah putih pertama berkibar saat proklamasi yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 56, Jakarta.

Bendera merah putih dijahit oleh Ibu Fatmawati, istri Soekarno pada tahun 1944. Bahan bendera merah putih dibuat dari katun Jepang berukuran 276 x 200 cm.

Bendera merah putih melambangkan semangat Indonesia untuk lepas dari penjajahan Belanda. Arti bendera merah putih yang perlu diketahui ialah Merah artinya keberanian, berani melawan penjajah. Putih memiliki arti kesucian, niat suci para pahlawan dan rakyat dalam membela dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia tercinta.

Mengenai bendera merah putih, Indonesia mengatur secara singkat dalam UUD 1945, baik sebelum amandemen maupun setelah amandemen, di Pasal 35 yang berbunyi: Bendera Negara Indonesia Ialah Sang Merah Putih.


Sebagai simbol negara, penggunaan bendera merah putih diatur oleh Undang-undang (UU) Nomor 24 Tahun 2009 mengenai bendera, bahasa dan lembaga negara serta lagu kebangsaan.






Simak Video "Tunanetra Berlatih Menjadi Barista"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)