Ahok Lelang Koleksi Batik Persidangannya, Harga Awal Rp 54 Saja

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 30 Jun 2020 10:10 WIB
Jakarta Governor Basuki Tjahaja Purnama, popularly known as Ahok melelang kemeja batik yang pernah dipakai saat sidang penistaan agama. (AP Photo/Tatan Syuflana)
Jakarta -

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) atau Ahok, genap berusia 54 tahun pada Senin (29/6/2020). Ahok pun memanfaatkan momen spesial tersebut untuk beramal dengan melelang koleksi batik yang pernah dipakainya saat menjalani sidang penistaan agama.

Kegiatan amal ini merupakan buah kolaborasi Yayasan BTP bersama Benih Baik yang memiliki program Lelang Kebaikan.

"Di hari ulang tahun saya ke-54 ini, saya ingin mengajak teman-teman saya merayakannya dengan cara melelang baju batik saya yang penuh arti selama ini," kata Ahok di sebuah video yang diunggah di Instagram Benih Baik kemarin.

[Gambas:Instagram]





Seluruh hasil keuntungan dari pelelangan ini akan didonasikan kepada masyarakat kurang mampu yang terdampak COVID-19 melalui Yayasan BTP.

Total ada 19 kemeja batik milik Ahok yang dilelang. Harga dibuka dari Rp 54, sesuai usia Komisaris Utama Pertamina itu.

Salah satu item yang ditawarkan di program lelang ini adalah kemeja batik yang Ahok pakai saat sidang perdana pada 13 Desember 2016.

Seperti dijelaskan di situs Benih Baik, hari itu Ahok menggunakan batik tulis sogan dengan motif parang seling nogo (naga) dengan warna cokelat. Motif parang yang digambarkan mirip dengan ombak memiliki arti semangat yang tinggi untuk mencapai suatu kebaikan.

Jakarta Governor Basuki Tjahaja Purnama, popularly known as Ahok memakai kemeja batik sogan saat menghadiri sidang perdana penistaan agama. (Foto: AP Photo/Tatan Syuflana)



Gelombang laut yang naik turun merupakan simbol dari perjuangan hidup yang sulit namun tetap dihadapi dengan semangat karena perjuangan tersebut memiliki tujuan yang baik, seperti motif lurus.

Sedangkan naga merupakan burung yang dianggap membawa keberuntungan. Terselip doa dan harapan dari sang pembuat batik, yang digambarkan melalui motif batik Parang Seling Nogo ini.

Sebuah kemeja batik juga menjadi andalannya di hari putusan vonis yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, 9 Mei 2017.

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) divonis 2 tahun penjara. Begini ekspresi Ahok saat mendengar vonis. Pool/Sigid Kurniawan.Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ketika divonis dua tahun penjara pada Mei 2017. (Foto: Pool/Sigid Kurniawan)



Ahok memilih kemeja batik lengan panjang perpaduan warna biru-putih. Terlihat motif batik parang dan bunga pada kemeja dengan garis geometris itu.

Motif parang yang terdapat pada lining putih bagian atas merupakan salah satu motif batik paling tua di Indonesia. Sedikitnya ada tujuh jenis motif parang yang masing-masing memiliki makna tersendiri.

Tapi ada satu kesatuan makna dari batik dengan susunan motif S yang saling terjalin ini. Dikutip dari Wikipedia, bentuk dasar huruf S diambil dari ombak samudera. Menggambarkan semangat yang tidak pernah padam.

Terlihat juga ada batik kembang setaman yang berasal dari daerah Pekalongan, Jawa Tengah. Batik kembang setaman ditandai dengan motif ulir yang dihiasi bunga aneka jenis.

Motif yang ada di kemeja Ahok ini bermakna filosofis untuk mendapatkan keharuman (kiasan untuk berkah) dari orang tua maupun leluhur. Dahulu, batik kembang setaman cukup populer di kalangan wanita peranakan.



Simak Video "Cantiknya Veronica Tan Datang ke Nikahan Kahiyang-Bobby"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)