Masker Unik untuk Cegah Corona Terbuat dari Kulit Terong

Hestianingsih - wolipop Kamis, 25 Jun 2020 20:45 WIB
Masker terbuat dari kulit terong kreasi chef Omar Sartawi. Masker terbuat dari kulit terong kreasi chef Omar Sartawi. Foto: Instagram/@omar_sartawi
Jakarta -

Pandemi virus Corona secara tidak langsung mengasah kreativitas orang untuk membuat inovasi-inovasi unik. Seperti kisah seorang chef yang menciptakan masker ramah lingkungan berbahan sayuran.

Omar Sartawi, chef asal Yordania, membuat masker dengan kulit terong sebagai bahan utama. Bagaimana caranya?

Seperti dikutip dari Metro, Omar mengolah kulit terong menggunakan garam untuk menciptakan tekstur seperti kulit hewan. Kulit diasinkan dan dikeringkan. Kemudian kulit terong direndam dalam suhu tertentu sehingga teksturnya jadi mirip bahan kulit dari hewan.


Omar menggandeng dua desainer Nejla Asem dan Salam Dajani untuk bertanggungjawab dari sisi kreatif. Duo desainer inilah yang bertugas mempercantik tampilan masker dari kulit terong tersebut.

Masker terbuat dari kulit terong kreasi chef Omar Sartawi.Masker terbuat dari kulit terong kreasi chef Omar Sartawi. Foto: Instagram/@omar_sartawi


Kulit terong disatukan dengan cara dijahit menggunakan benang katun agar kuat dan tahan lama seperti kulit sapi. Tapi tak seperti bahan kulit hewan yang cenderung panas saat dikenakan, kulit terong ini diklaim lebih nyaman dan mudah untuk bernapas saat dikenakan.


Masker ini tidak memiliki lapisan maupun filter lain untuk mencegah paparan droplet ketika seseorang batuk atau bersin. Ketahanannya pun belum teruji, apakah aman dipakai dalam jangka panjang, atau bisa dicuci berulang kali.

Namun tujuan Omar bukan sekadar menciptakan masker berbahan unik. Tujuan utama dari pembuatan masker terong ini agar orang-orang lebih tergerak mengeluarkan ide-ide kreatif untuk bisa bertahan di tengah pandemi.



Simak Video "Pasutri Asal China Ini Bikin Masker Berbahan Sneakers Mahal"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)