Paksa Orang Jaga Jarak, Pria Ini Buat Sepatu 'Pinokio' Berhidung Panjang

Hestianingsih - wolipop Rabu, 03 Jun 2020 14:00 WIB
Girgore Lup membua sepatu Pinokio yang punya hidung panjang untuk paksa orang social distancing. Grigore Lup membuat sepatu dengan hidung panjang. Foto: Dok. BBC/Reuters
Jakarta -

Dunia siap menjalani new normal, hidup berdampingan dengan virus Corona, selama vaksin belum ditemukan. Salah satu bagian dari new normal itu adalah jaga jarak atau social distancing.

Seperti diketahui menjaga jarak merupakan upaya untuk melindungi diri sendir juga orang lain agar bisa menekan penyebaran COVID-19. Jarak aman yang direkomendasikan WHO adalah 1-2 meter.

Namun memastikan orang-orang jaga jarak aman bukan perkara mudah. Hanya sedikit yang tahu pasti, atau setidaknya sadar, seberapa jauh mereka harus social distancing ketika berada di tempat umum.


Pria asal Transylvania, Rumania, ini punya solusinya. Grigore Lup menciptakan sepatu kulit 'Pinokio' yang memanjang di bagian depannya.

Grigore yang berprofesi sebagai tukang reparasi sepatu membuat sepatu tersebut untuk membantu orang-orang jaga jarak sekaligus mendukung aturan social distancing. Panjang sepatu memang tidak sampai 1 meter, tapi setidaknya bisa membuat orang sadar agar mau mengambil posisi berjauhan satu sama lain.

Seperti dikutip dari Metro, sepatu ini diberi label ukuran 75 menurut penghitungan Eropa. Ketika dua orang sama-sama memakai sepatu berukuran 74 tersebut, ketika mereka berdiri berhadapan, maka jarak antara mereka bisa mencapai 1,5 meter.

"Saya melihat orang-orang berkerumun dan mengabaikan aturan jaga jarak jadi saya bilang ke diri sendiri mari kita buat sepatu entah untuk menghukum mereka atau yang benar-benar bisa dipakai. Mungkin dengan cara itu mereka akan menjaga jarak," tutur Grigore.


Dia mengaku ide ini datang dari pengalamannya yang pernah membuatkan sepatu khusus untuk aktor. Kala itu Grigore mendapat pesanan lima pasang sepatu dan mengerjakannya selama dua hari.

Pria 55 tahun ini sudah berprofesi sebagai tukang reparasi dan pembuat sepatu lebih dari tiga dekade. Dia memulai kariernya sejak usia 16 dan kini mengelola tokonya sendiri yang didirikan sejak 2001.

Kamu tertarik pakai sepatu 'Pinokio' buatan Grigore ini?



Simak Video "Tips Hadapi Kehidupan di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)