Kabar Duka dari Dunia Fashion, Desainer Emanuel Ungaro Wafat di Usia 86

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 23 Des 2019 08:24 WIB
Emanuel Ungaro seusai menampilkan koleksi Haute-Couture Spring-Summer 2003 di Paris Fashion Week. Sang desainer meninggal di usia 86 tahun pada Sabtu (21/12/2019). (Foto: AP Photo/Laurent Rebours)
Paris - Kabar duka datang dari dunia fashion. Desainer senior Emanuel Ungaro meninggal dunia di usia 86.

Emanuel Ungaro mengembuskan napas terakhirnya di Paris, Prancis, pada Sabtu (21/12/2019). Ia meninggalkan istri dan seorang putri.



Kabar Duka dari Dunia Fashion, Desainer Emanuel Ungaro Wafat di Usia 86Emanuel Ungaro di tahun 1971. (Foto: Central Press/Getty Images)

Lahir dari pasangan imigran dari Italia, Emanuel Ungaro sudah mengenal fashion sejak kecil. Ia belajar menjahit dari ayahnya yang seorang penjahit.

Di usia 22, Emanuel Ungaro hijrah ke Paris dan tiga tahun kemudian ia bekerja untuk desainer legendaris Cristobal Balenciaga. Pada 1965, ia memberanikan diri untuk mendirikan label fashionnya sendiri.

Meski dikenal sebagai sosok yang kalem, Emanuel Ungaro memiliki karakter desain yang jenaka lewat permainan warna dan motif. "Saya tak suka melihat perempuan berpakaian yang suram," kata dia kepada Washington Post pada 1977 seperti dikutip Vogue.



Kabar Duka dari Dunia Fashion, Desainer Emanuel Ungaro Wafat di Usia 86Emanuel Ungaro bersama rekannya sesama desainer Valentino pada 2008. Ungaro meninggal di usia 86 tahun pada Sabtu (21/12/2019) di Paris, Prancis. (Foto: AP Photo/Thibault Camus)

Jacqueline Kennedy, Gena Rowlands dan Catherine Deneuve adalah beberapa bintang yang pernah memakai karya Emanuel Ungaro kala itu. Atas kontribusinya di industri fashion, ia dianugerahi penghargaan prestisius Legion of Honor dari pemerintah Prancis.

Setelah berkarya selama puluhan tahun, Emanuel Ungaro memutuskan untuk pensiun di usia 72 pada 2005. Di saat yang bersamaan, ia juga menjual labelnya kepada pengusaha Silicon Valley bernama Asim Abdullah.



Kabar Duka dari Dunia Fashion, Desainer Emanuel Ungaro Wafat di Usia 86Lindsay Lohan di fashion show Ungaro saat Paris Fashion Week pada 2009. Kala itu, ia menjadi staf kreatif label tersebut. (Foto: Getty Images)

Aktris Lindsay Lohan pernah ditunjuk sebagai staf kreatif selepas label Emanuel Ungaro dijual. Namun, koleksi yang diluncurkan pada 2009 saat Paris Fashion Week itu mendapat respons negatif dari para kritikus fashion.

Kabar Duka dari Dunia Fashion, Desainer Emanuel Ungaro Wafat di Usia 86Koleksi Emanuel Ungaro Spring/Summer 2016. (Foto: Francois Durand/Getty Images)

Sempat meredup, Emanuel Ungaro kembali berjaya setelah 2010-an. Karya para penerusnya membungkus sejumlah selebriti kondang seperti Katy Perry dan Zendaya.

Kabar Duka dari Dunia Fashion, Desainer Emanuel Ungaro Wafat di Usia 86Zendaya dalam balutan gaun Emanuel Ungaro di Grammy Awards 2014. (Foto: Getty Images)


Simak Video "6 Desainer Indonesia Tampil di Paris Fashion Week 2018"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)