Gaun Ikonis Putri Diana Senilai Rp 6,3 Miliar Tak Laku Dilelang

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 11 Des 2019 15:40 WIB
Putri Diana (Foto: Getty Images) Putri Diana (Foto: Getty Images)
London - Barang bekas Putri Diana sarat akan makna historis sehingga selalu menjadi daya tarik bagi para kolektor untuk memilikinya terlepas dari harganya yang selangit. Namun, itu tampaknya tak berlaku untuk salah satu gaun paling ikonis Putri Diana.

Senin (9/12/2019), Kerry Taylor Auctions melelang gaun rancangan Victor Edelstein yang pernah membungkus tubuh Putri Diana. Gaun biru navy model off-shoulder ini menjadi sangat ikonis karena dipakai mantan istri Pangeran Charles itu saat berdansa dengan aktor John Travolta di Gedung Putih pada 1985.


Gaun Ikonis Putri Diana Senilai Rp 6,3 Miliar Tak Laku Dilelang Gaun ikonis Putri Diana yang tak laku dilelang. (Foto: Getty Images)

Diberitakan sebelumnya, gaun ini dilelang dengan harga pembukaan dari 250 ribu pound sterling atau Rp 4,6 miliar dan diprediksi bisa laku sampai 350 ribu pound sterling atau sekitar Rp 6,3 miliar. Nyatanya, gaun ikonis tersebut gagal mendapat pembeli di hari pelelangan. Menurut Daily Mail, penawaran dari pembeli bahkan kurang dari minimum reserve price gaun, yakni 200 ribu pound sterling.

Terlepas dari itu, terdapat dua gaun Putri Diana lainnya yang berhasil dilelang Kerry Taylor Auctions. Gaun midnight blue karya Katherine Cusack terjual US$ 63 ribu dan baju biru navy Catherine Walker laku US$ 37 ribu.

Selain ke Gedung Putih, ibu Pangeran William dan Harry itu juga pernah memakai gaun Victor Edelstein saat berkunjung ke Austria (1986), menyambangi Royal Opera House, London (1991), dan untuk sebuah pemotretan pada 1997.


[Gambas:Instagram]



Diana lalu melelang gaun tersebut pada Juni 1997 atau dua bulan sebelum kematiannya. Seorang wanita pebisnis asal Florida bernama Maureen Dunkel berhasil memilikinya.

Adapun hasil pelelangan, senilai 100 ribu pound sterling, disumbangkan untuk amal yang berkaitan dengan penanganan AIDS.

Maureen lalu melelangnya lagi setelah mengalami kebangkrutan. Lalu pada 2013, seorang pria Inggris mendapatkanya seharga 240 pound sterling sebagai hadiah untuk sang istri. Sempat beredar kabar bahwa gaun tersebut tak akan dijual lagi sampai akhirnya muncul di koleksi lelang Kerry Taylor Auctions.

Simak Video "Ini Mutiara Air Tawar Terbesar yang akan Dilelang di Belanda"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)