Inilah Kolektor Fashion Terbanyak di Dunia, Koleksinya Capai 15.000 Buah

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 03 Des 2019 07:02 WIB
Foto: Instagram/@costumeinstitute Foto: Instagram/@costumeinstitute

New York City - The Costume Institute menggelar pameran bertajuk "In Pursuit of Fashion: The Sandy Schreier Collection" di Metropolitan Museum of Art, New York City, AS. Sesuai namanya, pameran yang berlangsung pada 27 November 2019 - 17 Mei 2020 itu akan merayakan sosok Sandy Schreier. Siapa dia?

Bagi orang awam, namanya mungkin terdengar asing. Ia mungkin memang tak setenar ikon fashion sekelas Karl Lagerfeld, Louis Vuitton atau Prada, tapi Sandy Schreier punya kontribusi besar dalam hal preservasi karya-karya desainer dunia.

[Gambas:Instagram]



Sandy Schreier adalah seorang kolektor fashion yang koleksinya mencapai 15 ribu item fashion, dari pakaian sampai aksesori. Ia pun disebut-sebut sebagai kolektor baju terbanyak di dunia. Menariknya, Sandy Schreier tak pernah memakai koleksi pribadinya itu.



"Saya serasa penyelamat fashion. Tanpa saya, benda-benda di koleksi saya mungkin sudah dibuang," kata perempuan berusia 70-an itu dalam sebuah wawancara dengan New York Times pada 2012 silam.

[Gambas:Instagram]



Ketertarikannya pada fashion sudah dimulai sejak ia masih kecil ketika ayahnya bekerja sebagai pembuat bulu untuk Russeks Department Store di Detroit. Sandy selalu terkesima dengan penampilan para klien toko tersebut sehingga memicu imajinasinya untuk bermain dengan gaya busana.

Sandy lalu mulai mengoleksi pakaian sewaktu masih remaja sebagai bentuk apresiasinya terhadap fashion sebagai sebuah karya seni. Beberapa pakaian koleksinya ada yang berasal dari tahun 1920 dan 1930-an. Salah satu koleksinya yang sarat nilai sejarah adalah tiga gaun Valentino yang pernah membungkus tubuh eks Ibu Negara AS Jacqueline Kennedy.

[Gambas:Instagram]



Sandy juga mengoleksi sejumlah gaun couture buatan desainer legendaris Cristóbal Balenciaga, Pierre Balmain dan Christian Dior semasa mereka masih hidup. Di pameran "In Pursuit of Fashion: The Sandy Schreier Collection", pengunjung dapat menikmati 80 dari 165 dari koleksi pribadi Sandy yang akan disumbangkan untuk museum tersebut.



Menurut Kepala Kurator Costume Institute Andrew Bolton, pameran ini bercerita tentang evolusi Sandy sebagai seorang kolektor yang sangat puitis. "Ini juga mengisahkan kebangkitan fashion sebagai pasar, para insan kreatif dan nilai dari fashion, serta penerimaan fashion sebagai bentuk karya seni yang semakin relevan untuk museum di masa kini," kata Andrew seperti dikutip Fashionista.

Simak Video "Eksklusif! Maggie Hutauruk dan 2Madison Melenggang di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/agm)