Komitmen Ramah Lingkungan, H&M Kini Menyediakan Layanan Sewa Baju di Toko

Hestianingsih - wolipop Senin, 02 Des 2019 15:51 WIB
Retailer asal Swedia H&M. Foto: Ari Saputra Retailer asal Swedia H&M. Foto: Ari Saputra

Stockholm - Fast fashion sering kali dituding sebagai biang kerok kerusakan lingkungan. Tudingan itu juga dialamatkan ke sejumlah brand high-street seperti Zara, Forever 21 dan H&M.

Upaya mengelola bisnis fashion lebih ramah lingkungan pun mulai digalakkan. Seperti H&M yang mencoba mendorong konsumennya agar tidak selalu membeli baju baru.

Seperti dikutip dari Refinery 29, retailer asal Swedia itu sedang menjajal layanan rental baju-baju H&M di salah satu flagship store-nya di Stockholm. Dengan merogoh kocek USD 37 atau Rp 523 ribuan, pelanggan bisa menyewa baju dari 50 koleksi yang tersedia. Baju bisa dibawa pulang dan dipakai untuk dikembalikan satu minggu setelahnya.


Komitmen Ramah Lingkungan, H&M Kini Menyediakan Layanan Sewa Baju di TokoIlustrasi konsumen beli baju di H&M. Foto: Getty Images

Strategi ini dilakukan H&M agar konsumennya lebih pintar dalam berbelanja. Hanya membeli apa yang mereka butuhkan dan bukan sekadar membeli karena nafsu.

Business of Fashion melaporkan bahwa layanan percobaan ini akan berlangsung selama tiga bulan hanya di toko utama H&M di Stockholm, untuk melihat reaksi pasar. Nantinya perusahaan yang telah berdiri sejak 1947 ini juga menyediakan jasa reparasi baju.

"Kami sangat yakin dengan sistem rental ini, tapi kami masih ingin uji coba dan belajar lebih banyak," kata Kepala Pengembangan Bisnis H&M Daniel Claesson.

Penyewaan baju saat ini hanya tersedia untuk member khusus yang merupakan pelanggan setia H&M dan telah terdaftar dalam loyalty program. Tapi tidak menutup kemungkinan nantinya juga berlaku di lebih banyak cabang.
Komitmen Ramah Lingkungan, H&M Kini Menyediakan Layanan Sewa Baju di TokoConscious, lini busana ramah lingkungan dari H&M. Foto: Dok. H&M


Sebelumnya H&M telah merilis lini busana ramah lingkungan yang diberi nama Conscious Exclusive. Semua produk dalam lini ini menggunakan material terbuat dari kulit jeruk, tumbuhan alga dan daun nanas. Selain daun nanas dan kulit jeruk, bahan-bahan ramah lingkungan lainnya yang digunakan dalam produksi koleksi ini adalah polyester daur ulang, katun organik, linen, sutera, plastik daur ulang, kaca daur ulang dan perak daur ulang.

H&M berencana mengurangi emisi gas dalam produksi pakaiannya pada 2040. Target ke depannya material untuk produksi baju maupun aksesori, 57 persen berasal dari sumber daya alam ramah lingkungan.

Simak Video "Toni-Ann Singh, Pemenang Miss World 2019 dari Jamaica"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)