Perwujudan Mimpi Aneh Toton Hingga Nuansa Afrika I.K.Y.K di JFW 2020

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 26 Okt 2019 15:04 WIB
(Foto: Rifkianto Nugroho/detikfoto) (Foto: Rifkianto Nugroho/detikfoto)

Jakarta - Semalam tiga desainer di bawah Indonesian Fashion Forward (IFF) menampilkan koleksi terbaru mereka. Membawakan koleksi yang segar, fashion show pun sukses memanjakan mata para pecinta mode. Ketiganya menghadirkan inspirasi unik, mulai dari mimpi aneh Toton Djanuar hingga nuansa Afrika pada busana modest I.K.Y.K.

Fashion show penutup hari keempat gelaran Jakarta Fashion Week dibuka oleh Peggy Hartanto. Masih dengan koleksi ultra feminin namun kali ini Peggy membawa 'twist' yang berbeda. Koleksi 'Sureallism' untuk Spring/Summer 2020 itu tampil lebih cerah sesuai inspirasinya yakni lukisan Frida Kahlo.



Koleksi Peggy Hartanto di JFW 2020.Koleksi Peggy Hartanto di JFW 2020. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikfoto)

Karenanya, koleksi tersebut hadir dengan sentuhan Meksiko. Kali ini, siluet yang ditampilkan pun lebih playful dengan permainan color blocking pada potongan-potongan minimalis yang sudah jadi ciri khas. Hal tersebut terlihat pada dress v-neck oranye dengan lengan bervolume, jumpsuit dengan permainan layer, ruffle, dan tali hingga jumpsuit berpotongan scallop campuran warna ungu dan oranye yang segar.

Koleksi Peggy Hartanto di JFW 2020.Koleksi Peggy Hartanto di JFW 2020. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikfoto)


Fashion show dilanjutkan dengan koleksi tak berjudul dari I.K.Y.K. Meski tak bernama, rangkaian busana karya Ananda Putri tampil memikat dengan nuansa Afrika-nya. Inspirasi yang diambil sang desainer karena sering bertemu dan mengobservasi orang Afrika selama traveling pun menawarkan koleksi yang segar.

Berbeda dari koleksi I.K.Y.K biasanya, kali ini tabrakan warna cerah dan motif mencuri atensi. Meski begitu, masih bisa ditemui ciri khas siluet oversized dengan hadirnya outerwear panjang, parka, dan jubah. Sesuai tema, luaran itu pun banyak hadir dengan kombinasi bahan lipit berbagai warna dan motif nan flowy. Adapun upgrade setelan safari yang hadir berupa cropped jacket dan rok maksi.



Koleksi IKYK di JFW 2020.Koleksi IKYK di JFW 2020. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikfoto)

Toton juga menawarkan koleksi Spring/Summer 2020 yang diberi tajuk 'Bunga Tidur'. Sesuai judulnya, koleksi ini seolah ingin menginterpretasikan mimpi-mimpi Toton. Sang desainer pun mengaku memang terinspirasi bunga tidurnya yang tak jarang aneh, mengganggu, bahkan sulit dibedakan dengan realita.

Perwujudan Mimpi Aneh Toton Hingga Nuansa Afrika I.K.Y.K di JFW 2020Koleksi Toton di JFW 2020. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikfoto)


Mimpi-mimpi itu pun dituangkan dalam satu koleksi yang mencampurkan berbagai potongan, siluet, material, dan warna. Seperti kedua desainer lain, Toton berusaha mendukung keberlangsungan lingkungan dengan memakai material denim bekas dari pabrik. Pada satu tampilan, denim itu dibuat jadi rok dengan cut-out. Adapun motif dan bordir floral yang mewakili bunga tidur. Beberapa dikolaborasikan dengan obi, denim, hingga layer tulle yang romantis.

Perwujudan Mimpi Aneh Toton Hingga Nuansa Afrika I.K.Y.K di JFW 2020Koleksi Toton di JFW 2020. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikfoto)


Simak Video "Pede Abis! Aksi Catwalk Anak Down Syndrome di JFW 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)