Hari Batik Nasional, Jokowi Akan Membatik Bersama 500 Orang di Solo

Daniel Ngantung - wolipop Rabu, 02 Okt 2019 08:13 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa

Solo - Setiap 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Tahun ini, Hari Batik Nasional akan diwarnai dengan perayaan bertajuk 'Membatik untuk Negeri'.

Acara 'Membatik untuk Negeri' akan berlangsung di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Rabu (2/10/2019) pada pukul 09.00 WIB. Sudah bukan rahasia lagi bahwa Solo merupakan salah satu sentra batik terbesar di Indonesia.

Menurut rencana, 'Membatik untuk Negeri' bakal dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana Jokowi.

Di acara ini, Jokowi dan Iriana yang sama-sama berasal dari Solo akan membatik bersama 500 orang dari berbagai elemen masyarakat.

"Puncak acara besok bertajuk Membatik untuk Negeri. 500 orang akan membatik bersama-sama, diikuti tokoh-tokoh nasional, presiden, ibu negara, OASE Kabinet Kerja dan para pembatik," kata Ketua Hari Batik Nasional 2019 Diana Santosa dalam jumpa pers di Pura Mangkunegaran seperti dikabarkan detikcom, Selasa (1/10/2019).

Sebenarnya, rangkaian acara Hari Batik Nasional sudah berlangsung sejak 24 September lalu dengan menggelar pameran batik di Kementerian Perindustrian. Hari Batik Nasional kali ini sekaligus memeringati satu dekade dikukuhkannya batik sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Di puncak acara, para peserta akan membatik menggunakan cara tradisional, yakni batik tulis dan cap. "Tujuannya untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap batik tradisional sehingga pasar batik yang menurun dapat bangkit kembali," tambah Diana.

Acara ini digagas oleh Yayasan Batik Indonesia dengan dukungan Bakti Budaya Djarum Foundation. Menurut Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari Adrian, mencintai Batik Indonesia adalah tanggung jawab masyarakat Indonesia sebagai bangsa yang berbudaya.

"Yayasan Batik Indonesia sebagai induk organisasi pembatik di Indonesia memiliki visi dan misi untuk pelestarian dan pembinaan batik yang juga menjadi perhatian Bakti Budaya Djarum Foundation. Karena itu, kami sudah beberapa kali bekerja sama dan mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Yayasan Batik Indonesia agar batik sebagai ikon budaya bangsa Indonesia dapat dilestarikan, dikembangkan, dan menjadi bagian dari gaya hidup yang kekinian, khususnya bagi generasi muda Indonesia," terang Renita dalam keterangan resminya.

Seperti apa kemeriahan 'Membatik untuk Negeri' di Hari Batik Nasional 2019? Pantau terus Wolipop yang akan meliput langsung acara ini.



Simak Video "Cara Kece Manfaatkan Limbah Kain Batik"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/ami)