Baju Bodo, Cinta Pertama Oscar Lawalata pada Kain Tradisional

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 28 Sep 2019 18:00 WIB
Salah satu rancangan busana Oscar Lawalata terbuat dari kain tenun. Foto: Mohammad Abduh
Jakarta - Beberapa tahun terakhir, desainer Oscar Lawalata aktif menggelar pameran kain tradisional sebagai bentuk kepeduliannya terhadap wastra Nusantara. Tak hanya itu, ia juga memiliki label Oscar Lawalata Culture yang fokus pada busana-busana berbahan kain Indonesia.

Kecintaan Oscar pada kain Indonesia rupanya bermula dari baju bodo khas Makassar sekitar dua dekade lalu.

"Jadi ceritanya saya waktu itu lagi ke pernikahan kerabat dan ada teman saya yang pakai baju unik banget. Ternyata itu baju bodo dari Sulawesi Selatan," cerita Oscar saat jumpa pers 'AKU DAN KAIN' di Senayan City, Jakarta, Jumat (27/9/2019).
Foto: Ismail/detikHOT

Penasaran, anak dari aktris senior Reggy Lawalata itu meminta temannya untuk diajak ke Makassar demi mengenal lebih dekat dengan baju bodo. Tak berhenti di situ, kunjungan Oscar lalu berlanjut ke sebuah daerah yang harus ditempuh selama tujuh jam perjalanan darat dari Makassar.

"Nama dearah itu Sengkang yang terkenal dengan tenun sutranya," tambah pria 42 tahun tersebut.

Singkat cerita, baju bodo lah yang menjadi inspirasi utama Oscar saat mengkuti Asean Young Fashion Designers Contest di Singapura pada 1999. Di kontes tersebut, Oscar menyebat gelar juara kedua.

Dari situ, Oscar mulai bergelut dengan kain tradisional. Dari batik khas Solo sampai tenun buatan mama-mama di Sumba, Nusa Tenggara Timur, hampir semua jenis wastra Indonesia sudah pernah dieksplor. Tak terhitung pula berapa lembaran kain etnik yang dikoleksinya.
Foto: Dok. Galeri Indonesia Kaya

Sebagian dari koleksi tersebut nantinya akan dipajang di 'AKU DAN KAIN'.

"Hampir semuanya dari koleksiku 20 tahun terakhir," kata Oscar. Acara yang akan berlangsung di Senayan City pada 2 - 31 Oktober 2019 merupakan bagian dari pameran 'I Am Indonesia' besutan Oscar yang kali ini memasuki edisi keempat.

Mengangkat tema 'Generation Next', Oscar kali ini menggandeng 100 sosok muda yang inspiratif untuk memperkenalkan kain kepada khalayak luas, khususnya kaum milenial. Mereka di antaranya aktor Reza Rahadian, Marsha Timothy, penyanyi muda Naura, Andien dan influencer Ayla Dimitri.

"Sekarang ini, saya melihat banyak anak muda mulai tertarik untuk memakai kain tradisional tapi tidak punya informasi banyak tentang cerita di balik kain tersebut. Diharapkan, 100 orang ini dapat menceritakan ulang tentang keunikan kain-kain Indonesia dengan bahasanya sendiri kepada generasi milenial," ujar Oscar yang berkolaborasi juga dengan fotografer Glenn Prasetya untuk pameran ini.

Simak Video "Tren Masker Premium di Masa New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(dng/hst)