Kolaborasi dengan Brand Lokal, Batik Marunda Dipamerkan di Plaza Indonesia

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 27 Sep 2019 16:25 WIB
Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Jakarta - Batik Marunda mungkin tak terlalu familiar dibanding kain tradisional lainnya. Wastra tersebut memang tergolong baru dan belum banyak diproduksi. Karenanya, Meek Foundation menggandeng sejumlah brand lokal untuk berkolaborasi dan mempromosikan batik asal Jakarta itu secara lebih luas.

Batik Marunda tercipta empat tahun lalu berdasarkan inisiatif Iriana Jokowi yang kala itu merupakan istri Gubernur DKI Jakarta. Untuk memberdayakan warga rusunawa Marunda, sejumlah wanita dibina untuk menghasilkan kain baru. Sebagai organisasi yang sejak awal mendampingi, Yayasan Meek pun menggagas sebuah koleksi fashion yang akan ditampilkan di Plaza Indonesia.

Kolaborasi dengan Brand Lokal, Batik Marunda Dipamerkan di Plaza IndonesiaFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
"Kami melihat ada banyak potensi di Marunda seperti harta karun yang belum digali. Karena itu kami support pengembangan mutu dan marketing batik Marunda supaya lebih banyak dikenal orang dan lebih banyak orang tersentuh hatinya untuk membangun Marunda," ungkap Mieke Kolonas, Wakil Ketua Meek Foundation di La Moda, Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat, (27/9/2019).

Sesuai namanya 'Menyentuh Hati Menguhah Hidup', acara ini diharapkan bisa membawa perubahan. Tak hanya untuk para warga Rusunawa tapi juga orang-orang yang akan mengenakannya.

"Kami ingin mengubah paradigma mereka untuk tidak lagi melihat diri mereka sebagai orang miskin tapi bahwa dalam hidup ada potensi dahsyat. Supaya ibu-ibu ini merasa bangga ketika karyanya yang dikerjakan sepenuh hati dipakai. Semangat memang harus ada di Marunda untuk bisa membawa perubahan," ujar Mira Hadiprana sebagai salah satu kolaborator.

Kolaborasi dengan Brand Lokal, Batik Marunda Dipamerkan di Plaza IndonesiaFoto: Rahmi Anjani/Wolipop
Koleksi fashion yang akan ditampilkan hari ini pun bekerja sama dengan brand-brand lokal, seperti (X)S.M.L, SAMASAMA, dan Mira Hadiprana for Indonesia. Beragam busana sebanyak 36 looks itu akan dijual secara silent auction. Hasil penjualannya bakal digunakan untuk melatih para pengrajin.

"Mayoritas dana akan digunakan untuk training pembatik dalam hal pewarnaan. Ada rencana juga untuk menyalurkannya pada ibu dan anak sebagai fokus kami ke depan mengingat pentingnya seorang ibu dalam keluarga. Diharapkan ini bisa menyentuh hati untuk membantu ibu-ibu yang butuh bantuan dan pengharapan," kata Mieke

Simak Video "Haluu, Spot Foto Baru yang Instagramable dan Estetik!"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)
dMentor
×
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis
Ciptakan Mental Baja Dalam Berbisnis Selengkapnya