Investasi Sneakers

Tren Investasi Sneakers: Beli Rp 2 Juta, Dijual Lagi Rp 20 Juta

Gresnia Arela Febriani - wolipop Sabtu, 14 Sep 2019 11:13 WIB
Foto: dok. Nike
Jakarta -
Ada banyak pilihan cara untuk berinvestasi. Bagi para hypbeast atau sneakerhead, investasi sneakers kini tengah tren. Hanya dengan menjual satu sneakers mereka bisa untung besar.

Mochamad Arsyadham Lazuardi, pendiri dari event organizer acara bazaar sneakers, Indonesia Yesim Project, adalah salah satu sneakerhead yang merasakan untung dari investasi sneakers yang tengah tren ini. Dia juga merasakan kepuasan tersendiri saat barang yang disukainya bisa dijual lagi dengan harga tinggi.

Tren Investasi Sneakers: Beli Rp 2 Juta, Dijual Lagi Rp 20 JutaFoto: Gresnia/Detikcom
"Investasi sepatu ini sangat membawa keuntungan, kayak lo beli sepatu Rp 2 juta dan bisa lo jual Rp 20 juta. Bahkan bisa diambil 10-20 kali lipatnya dari harga yang lo beli," kata pria yang akrab disapa Syadham itu saat ditemui Wolipop di kawasan Senayan City baru-baru ini.

Lebih menyenangkannya lagi menurut Syadham, menjual sneakers di Indonesia saat ini sangat mudah, terutama jika sepatu tersebut tergolong langka. Menurutnya saat ini mereka yang ingin investasi dalam hal sneakers terbantu dengan semakin banyaknya pecinta sneakers di Tanah Air.

"Cara jualnya cukup gampang, tinggal buka Instagram, dalam waktu lima detik aja langsung kejual kalau barang yang rare," ujarnya.

Tren Investasi Sneakers: Beli Rp 2 Juta, Dijual Lagi Rp 20 JutaFoto: Dok. Fight Club
Keuntungan investasi sneakers dirasakan juga oleh salah satu anggota grup musik RAN, Rayi Putra. Sebagai seorang sneakerhead, Rayi pun memiliki sneakers yang memiliki nilai investasi tinggi. Sneakers tersebut adalah Nike Air Yeezy. Merek sepatu dari Kanye West ini sebelum berkolaborasi dengan Adidas, merilis koleksi perdananya bersama Nike.

"Sekarang kan Yeezy sama Adidas, dulu Kanye West sama Nike, dia punya Air Yeezy sama Nike. Waktu itu aku beli harga ritelnya Rp 3 juta kurang lebih segitu, terus aku jual Rp 12 juta," kisah Rayi saat ditemui Wolipop di Cilandak Town Square, Jumat (14/9/2019).

Tren Investasi Sneakers: Beli Rp 2 Juta, Dijual Lagi Rp 20 JutaFoto: Istimewa
Liando, salah satu pemilik toko sneakers, memiliki pengalaman serupa dengan Syadham dan Rayi. Meski awalnya membeli sneakers bukan untuk investasi, kini ternyata sepatu yang dimilikinya memiliki nilai jual tinggi.

Liando mengatakan dia pernah menjual sneakers Air Jordan Colorways (sneakers yang juga dipakai pebasket Michael Jordan) seharga Rp 15 juta. Padahal dulunya sneakers tersebut dibelinya hanya dengan harga Rp 2 juta.

Sneakers lain yang dijual Liando dengan nilai investasi tinggi adalah kolaborasi Nike Air Jordan 1 dengan label Off-White dari desainer Virgil Abloh. "Ini belinya sekitar tahun 2017. Harga pertama kali beli Rp 17 juta, sekarang pasarannya bisa Rp 85 juta," ungkapnya.

Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)