H&M Hentikan Pembelian Kulit dari Brasil Setelah Kebakaran Hutan Amazon

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 06 Sep 2019 18:42 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Merek fashion ternama, H&M mengumumkan bahwa mereka akan berhenti membeli bahan kulit dari Brasil karena negara tersebut diduga menjadi salah satu penyebab dari kebakaran hutan Amazon. Pengumuman larangan sementara untuk membeli kulit dari Brasil muncul setelah kebakaran hutan Amazon menjadi perdebatan dunia.

Sebelum H&M, VF Corporation, perusahaan yang memiliki sejumlah merek Internasional seperti Timberland dan The North Face telah mengumumkan bahwa mereka sementara ini tidak akan membeli bahan-bahan kulit dari Brasil. VF Corporation baru akan kembali membeli setelah para penyedianya dapat membuktikan bahwa mereka sama sekali tidak terkait dengan kebakaran hutan tersebut.

Hampir sebanyak 50,000 kebakaran yang menghanguskan hutan di Amazon dan merupakan jumlah terbanyak dari sepanjang dekade ini. Kebakaran memang sudah banyak terjadi selama musim kemarau saat para petani banyak menebang pohon untuk dijadikan lahan bagi tanaman dan penggembalaan ternak. Hal ini terjadi bertepatan dengan presiden Jair Bolsonaro yang menggalakkan perlindungan terhadap lingkungan.



Permintaan kulit yang tinggi diduga menjadi salah satu penyebab beberapa lahan di Amazon harus dibersihkan untuk dijadikan peternakan. Hal ini yang diduga menjadi pemicu utama di balik kebakaran tersebut. Berdasarkan data dari United Nations Food dan Agriculture Organization pada tahun 2016 telah mengaitkan 80 persen penggundulan hutan disebabkan karena penggembalaan ternak.

Kebakaran ini telah menimbulkan kemarahan dari para pemimpin dunia dan selebriti. Mereka pun mendorong untuk mengeluarkan peringatan tentang masa depan hutan hujan terbesar di dunia. Hal ini menimbulkan banyak pertanyaan mengenai kebijakan presiden Bolsonaro, termasuk dalam pemangkasan anggaran perlindungan lingkungan.



Pada Sabtu lalu, presiden Bolsonaro menepis dugaan boikot dengan mengatakan bahwa hal ini hanya "tekanan" dan "bagian dari permainan." Menurut presiden Bolsonaro, hal ini adalah normal. Presiden Bolsonaro telah menandatangani perintah untuk melarang siapapun untuk membakar hutan selama musim kemarau di Amazon. Pemerintah juga telah mengirim bantuan militer untuk memadamkan api di hutan Amazon.

Pihak H&M mengatakan bahwa produknya tidak menggunakan bahan ternak yang diambil dari hutan Amazon. "Sampai ada sistem jaminan yang dapat dipercaya untuk memverifikasi bahwa kulit itu tidak memiliki kontribusi sama sekali pada kerusakan lingkungan di Amazon," kata wanita yang mewakili perusahaan tersebut dalam emailnya, seperti yang dikutip The New York Times. Pihak H&m juga mengatakan bahwa hanya sedikit bahan kulit yang digunakan dari Brazil, selebihnya kebanyakan berasal dari Eropa.

Simak Video "Menjaga Kulit Tetap Sehat, Gimana Caranya?"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/agm)