Anne Avantie Menyesal Baru Tampil di Jember Fashion Carnaval Setelah 18 Tahun

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 06 Agu 2019 13:53 WIB
Anne Avantie ambil bagian di Jember Fashion Carnaval 2019. (Foto: Anne Avantie/Cholil Photography) Anne Avantie ambil bagian di Jember Fashion Carnaval 2019. (Foto: Anne Avantie/Cholil Photography)

Jember - Desainer Anna Avantie akhirnya turut ambil bagian di perhelatan Jember Fashion Carnaval (JFC) 2019. Sebuah janji yang baru bisa ditepatinya untuk sang pendiri JFC, Dynand Fariz, setelah diajak belasan tahun lalu.

Namun, peragaan koleksi Anne Avantie yang digelar saat acara puncak JFC 2019 di depan kantor Pemkab Jember, Jawa Timur, Minggu (4/8/2019), tak disaksikan oleh Dynand Fariz. Dynand mengembuskan napas terakhirnya pada 17 April 2019.

Anne Avantie Menyesal Baru Tampil di Jember Fashion Carnaval Setelah 18 TahunPersembahan Anne Avantie untuk almarhum Dynand Fariz di Jember Fashion Carnaval 2019. (Foto: Anne Avantie/Cholil Photography)
Koleksi yang diberi tajuk 'Tribute To Dynand Fariz' itu merupakan persembahan Anne Avantie untuk mengenang sang sahabat. Desainer yang akrab disapa Bunda Anne itu secara khusus mempersiapkan koleksi yang terdiri dari 25 kebaya kontemporer hanya untuk acara tersebut.

Anne Avantie mengaku lega akhirnya bisa memenuhi permintaan Dynand. Namun, ia tak memungkiri ada penyesalan yang menghantui benaknya karena baru dapat berpartisipasi di JFC setelah Dynand tiada. "Padahal aku diajak Dynand sudah lama bangat. Mungkin ada 18 tahun lalu. Hampir setiap eTapi karena satu hal dan lain, permintaan itu belum bisa terpenuhi," ungkap Anne Avantie kepada Wolipop di ujung telepon, Selasa (6/8/2019).

Rasa sesal semakin berkecamuk ketika Anne mengingat sosok Dynand yang selalu mendukung acaranya. "Beliau hampir tak pernah absen di fashion show saya. Sempat dia bilang, 'Kok Bunda Anne selalu nggak bisa padahal aku sering datang lho'," kata Anne menirukan perkataan pria di balik kemegahan kostum nasional para Puteri Indonesia itu. Keduanya terakhir kali bertemu saat acara 29 Tahun Anne Avantie Berkarya di Jakarta tahun lalu.


Anne Avantie Menyesal Baru Tampil di Jember Fashion Carnaval Setelah 18 TahunPersembahan Anne Avantie untuk almarhum Dynand Fariz di Jember Fashion Carnaval 2019. (Foto: Anne Avantie/Cholil Photography)
Maka ketika Dynand meninggal, tak perlu waktu lama bagi Anne Avantie untuk menawarkan diri terlibat di JFC 2019. Dengan persiapan yang cukup singkat selama sebulan, ia dan tim menciptakan kebaya spesialnya untuk Dynand Fariz di karnaval terbesar ketiga di dunia itu.

Warna hitam mendominasi karya Anne yang terdiri dari kebaya dengan ekor dramatis hingga jumpsuit bermotif batik. "Saya juga kasih aksesori kepala yang dilengkapi payung hitam sebagai lambang duka atas rasa kehilangan kita akan sosok Dynand yang inspiratif," ucap desainer asal Semarang, Jawa Tengah, itu.
Anne Avantie Menyesal Baru Tampil di Jember Fashion Carnaval Setelah 18 TahunAnne Avantie bersama Dynand Fariz. (Foto: Dok. Pribadi)
Langkah para model diiringi lagu 'Bunga Terakhir' yang direkam ulang secara khusus oleh Bebi Romeo untuk acara tersebut. Kendati nuansa duka terasa kental, Anne tetap menyelipkan 'harapan' lewat aksi seorang model yang menari-nari seperti hendak terbang di awal peragaan.

"Itu ajakan mari kita terbang bersama untuk JFC yang lebih baik lagi. Walaupun sudah tak ada lagi Dynand Fariz, kita harus tetap optimis agar JFC bisa terus menjadi wadah berkarya bagi anak-anak daerah berkreasi," ucapnya. Ia pun berkomitmen untuk menjadi 'ibu' yang siap selalu mendukung JFC ke depan.

Peragaan ditutup dengan finale yang menampilkan Anne berjalan bersama para model. Tangis haru tak dapat dibendunginya karena teringat sosok Dynand yang disebutnya sebagai inspiratif, ilustrator sejati, pemimpin yang tegas, dan tak kenal lelah berkarya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Haru, Anne Avantie Kenang Dynand Fariz di JFC 2019 "
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)