Cerita Arif Wahyudi yang Laris Jadi Desainer karena Sneakers Nike x Indomie

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 25 Jun 2019 15:22 WIB
Sneakers Nike Air Jordan 1 x Indomie yang viral. Foto: Instagram/@arifwhy, @mr.s.custom Sneakers Nike Air Jordan 1 x Indomie yang viral. Foto: Instagram/@arifwhy, @mr.s.custom

Cirebon - Beberapa waktu lalu viral desain sneakers Nike Air Jordan 1 dengan tampilan seperti bungkus Indomie Goreng di Instagram. Orang di balik model sneakers unik itu adalah Arif Wahyudi, seorang ilustrator asal Cirebon, Jawa Barat.

Melalui akun instagramnya @arifwhy, ia memamerkan konsep desain sepatu Nike Air Jordan 1 yang lain dari biasanya. Desain sneakers Nike x Indomie ini didominasi kombinasi warna kuning-merah-hijau dengan logo Indomie, lengkap dihiasi tulisan 'Micin Generation' pada bagian midsol.

Desain sneakers buatan Arif pun mengundang beragam komentar positif dari keluarga dan teman-temannya.


"Pada nggak menyangka bakal jadi viral. Soalnya kuliah saya sebelumnya bukan di bidang ini," kata Arif sambil tertawa, saat dihubungi Wolipop, Senin (24/6/2019).
Cerita Arif Wahyudi yang Laris Jadi Desainer karena Sneakers Nike x IndomieArif Wahyudi (kanan), ilustrator dan desainer sneakers Nike Air Jordan 1 x Indomie. Foto: Instagram @arifwhy

Bakat menggambar anak bungsu dari pasangan Bapak Moch. Yamin Setiabudi dan Almh. ibu Julekah ini, memang sudah terlihat sejak kecil. Ia mengaku sering menggambar kartun animasi dan hobi itu diteruskan, meskipun ia kuliah di jurusan teknologi informasi.

Kembali ke ceritanya tentang desain Nike Air Jordan 1 x Indomie yang viral, menurutnya mie instan khas Indonesia tersebut memang punya data tarik tersendiri. Ide menggambar desain unik ini pun tercetus dalam pikiran Arif ketika ia libur Lebaran awal Juni 2019 lalu.

"Waktu itu libur Lebaran nggak ada kerjaan. Terus nemu ide buat bikin desain Indomie. Tetapi saya masih bingung mau desain Indomie tapi mau aplikasiin ke mana?" ucap lulusan Teknik Informatika, di salah satu perguruan tinggi swasta Cirebon itu.

Hingga tercetuslah ide mengaplikasikan desain Indomie ke dalam sneakers, dan hasil kreasinya itu dia unggah di Instagram. Arif tak menyangka dari sekadar iseng, postingannya viral karena di-repost oleh akun Urban Sneakers Society.
Cerita Arif Wahyudi yang Laris Jadi Desainer karena Sneakers Nike x IndomieArif Wahyudi (kanan), ilustrator dan desainer sneakers Nike Air Jordan 1 x Indomie. Foto: Instagram @arifwhy

"Mulai dari situ banyak yang like dan comment minta dibikinin dalam bentuk nyata," tuturnya.

Semenjak namanya viral, pria berusia 25 tahun ini mengaku semakin banyak orang yang meminta jasa desainnya.


"Jadi makin banyak followers-nya dan karya saya jadi banyak yang tahu. Dan dalam waktu dekat saya akan berkolaborasi dengan jam tangan kayu ternama di Indonesia," ucap Arif.

Untuk menghasilkan karyanya, Arif menggunakan sketchbook, adobe illustrator dan drawing pen wacom intuos. Arif menuturkan untuk biaya sekali produksi desain, ia memasang tarif mulai dari Rp 400 ribu, tergantung tingkat kesulitan desain.

Harga itu hanya untuk ide desain, belum termasuk biaya modifikasi produk yang diinginkan pemesan. Selain mendalami hobi desain, saat ini Arif aktif bekerja di perusahaan batik bagian merchandise desain. (gaf/hst)