Ratu Jeans dan Ikon Fashion Gloria Vanderbilt Meninggal di Usia 95

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 18 Jun 2019 13:44 WIB
Ratu jeans dan ikon fashion Gloria Vanderbilt meninggal di usia 95. (Foto: Getty Images) Ratu jeans dan ikon fashion Gloria Vanderbilt meninggal di usia 95. (Foto: Getty Images)

New York City - Seniman sekaligus desainer Gloria Vanderbilt mengembuskan napas terakhirnya di usia 95 tahun, Senin (17/6/2019). Sebagai perancang, Gloria Vanderbilt dikenal sebagai pionir dari 'designer jeans'.

Kabar duka tersebut disampaikan oleh anaknya, jurnalis CNN TV Anderson Cooper. "Gloria Vanderbilt adalah seorang wanita luar biasa yang mencintai kehidupan dan menjalaninya dengan caranya sendiri. Dia adalah seorang pelukis, penulis, desainer, tapi juga seorang ibu, istri, dan teman yang luar biasa," ungkap Anderson Cooper seperti dilansir dari CNN.

Gloria Vanderbilt dan putranya, jurnalis CNN TV Anderson Cooper.Gloria Vanderbilt dan putranya, jurnalis CNN TV Anderson Cooper. (Foto: Getty Images)

Anderson Cooper menambahkan, ibunya meninggal setelah berjuang melawan kanker perut. Sesuai keinginannya, Gloria Vanderbilt mengembuskan napas terakhir di rumah, dikelilingi keluarga dan kerabat dekat.

Berbagai media di Amerika Serikat menyebut Gloria Vanderbilt sebagai ratu jeans ketika memberitakan kabar duka tersebut. Semasa hidupnya, perempuan multitalenta ini memang pernah mendirikan sebuah label jeans yang diluncurkan pada 1977.

Denim sedang populer menyusul gerakan hippie yang 'mewabah' di Amerika Serikat pada era 1960-an. Kala itu, jeans, sebagai salah satu produk yang terbuat dari denim, yang tersedia kebanyakan berpotongan maskulin dan khusus untuk pria.


[Gambas:Instagram]


Seiring berjalannya waktu, muncul tren baru dimana perempuan mulai melirik jeans sebagai busana andalan. Melihat kebutuhan tersebut, Gloria Vanderbilt mencoba mengakomodasinya dengan menciptakan jeans yang potongannya pas untuk perempuan. Ia menggandeng Murjani, sebuah perusahaan manufaktur yang berbasis di Hong Kong.

Di tangan Gloria Vanderbilt, jeans tampil lebih berkelas. Jeans keluaran Gloria Vanderbilt dihiasi jahitan tandan tangannya dan logo dari bordiran berbentuk angsa.

Emma McClendon dari Museum Fashion Institute of Technology, New York, mengungkapkan, Gloria Vanderbilt berhasil meninggikan status jeans yang dulunya hanya celana kaum pekerja kasaran.

Ratu Jeans dan Ikon Fashion Gloria Vanderbilt Meninggal di Usia 95 Gloria Vanderbilt saat berakting di serial 'U.S. Hour' pada 1959. (Foto: Hulton Archive/Getty Images)


Nama Gloria Vanderbilt yang kala itu sudah terkenal sebagai sosialita dan bintang Hollywood ikut mendongkrak popularitas jeans buatannya. Kesuksesan tersebut lantas membuat Gloria Vanderbilt sebagai pelopor bagi para desainer untuk merambah produk denim.

"Nama keluarga Vanderbilt membuat jeans sebagai barang yang dapat memberi status, bukan sekadar barang yang sedang tren. Calvin Klein lalu mengikuti jejaknya (Vanderbilt) untuk menciptakan 'designer jeans' tersendiri," jelas Emma.

Dari bisnis jeans tersebut, Gloria Vanderbilt dikabarkan berhasil meraup keuntungan hingga ratusan juta dolar. Namun, bisnis yang sempat berkembang menjadi waralaba itu mengalami penurunan pada akhir 1980-an. Sebagai akibat, banyak karyawan yang di-PHK. Meski tidak setenar dulu, jeans Gloria Vanderbilt tetap eksis. Produknya masih dijual di Amazon dan beberapa situs belanja lainnya.


Frank Sinatra dan Gloria Vanderbilt pada akhir 1950an.Frank Sinatra dan Gloria Vanderbilt pada akhir 1950an. (Foto: Getty Images)

Kelahiran 20 Februari 1924 di New York City, Gloria Laura Morgan Vanderbilt berlatar keluarga kaya raya. Kakek buyutnya adalah Cornelius Vanderbilt, seorang konglomerat rel kereta api yang pernah menjadi pria terkaya di Amerika Serikat.

Meski bergelimang harta, hidup Gloria Vanderbilt penuh lika-liku. Semasa kecil, ia pernah diperebutkan oleh ibu dan bibinya. Pernikahan Gloria Vanderbilt juga gagal berulang-kali. Perempuan yang pernah digosipkan pernah berpacaran dengan aktor dan penyanyi legendaris Frank Sinatra ini juga harus melalui masa depresi karena putranya bunuh diri.



Simak Juga 'Melihat Koleksi Terbaru Brand Jeans Favorit Freddie Mercury':

[Gambas:Video 20detik]

(dtg/dtg)