Inovatif! Jaket Ramah Lingkungan Terbuat dari Bubuk Kopi Bekas Pakai

Hestianingsih - wolipop Rabu, 27 Mar 2019 18:06 WIB
Foto: Dok. Coalatree Foto: Dok. Coalatree

Salt Lake City - Gaya hidup ramah lingkungan kini makin banyak diterapkan kalangan millennial dan generasi Z. Mulai dari mengurangi konsumsi plastik hingga memilih produk minimalis dilakukan demi menjaga kelestarian alam.

Pergeseran gaya hidup di generasi muda juga memicu banyak perusahaan menciptakan produk tahan lama serta ramah lingkungan. Seperti yang dilakukan Coalatree, brand perlengkapan outdoor berbasis eco-minded.

Coalatree meluncurkan jaket bernama Evolution Hoodie dengan konsep revolusioner dan inovatif yang terbuat material ramah lingkungan. Jaket hoodie ini menggunakan bubuk kopi dan plastik bekas sebagai bahan utamanya.


Inovatif! Jaket Ramah Lingkungan Terbuat dari Bubuk Kopi Bekas PakaiFoto: Dok. Coalatree

Seperti dikutip dari Metro, proses produksi jaket ramah lingkungan ini cukup sederhana. Para pekerja mengumpulkan bubuk kopi bekas dari sejumlah cafe yang mereka datangi saat perjalanan menuju pabrik atau kantor.

Bubuk kopi bekas lalu dikeringkan, dihilangkan minyaknya, dan digiling kembali untuk dijadikan partikel yang lebih kecil. Kemudian bubuk kopi yang telah dihaluskan dicampur dengan lelehan botol plastik untuk diolah menjadi benang. Setiap satu jaket hoodie, terbuat dari tiga cangkir bubuk kopi dan 10 botol plastik.
Inovatif! Jaket Ramah Lingkungan Terbuat dari Bubuk Kopi Bekas PakaiFoto: Dok. Coalatree


Jaket hoodie ramah lingkungan ini masih berupa proyek prototipe. Coalatree sebagai produsennya saat ini sedang menggalang dana agar jaket bisa diproduksi secara massal. Sebab jika sudah masuk produksi massal, bukan tidak mungkin penumpukan plastik bisa ditekan secara signifikan dan lingkungan pun terselamatkan.

Dilihat dari situs resminya, jaket diklaim bisa cepat kering dan dilengkapi fitur perlindungan terhadap sinar ultraviolet. Tersedia dalam empat warna yakni hitam, oatmeal, marun dan hijau dengan harga USD 62 atau Rp 880 ribuan. (hst/hst)