Tampil Beda, Jogja Fashion Festival 2019 Angkat Keindahan Songket

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 08 Mar 2019 17:30 WIB
Pembukaan Jogja Fashion Festival. Foto: Daniel/Detikcom Pembukaan Jogja Fashion Festival. Foto: Daniel/Detikcom

Yogyakarta - Perhelatan Jogja Fashion Festival (JFF) kembali hadir. Berbeda dari tahun sebelumnya, JFF 2019 mengangkat keindahan songket Nusantara.

Jogja Fashion Festival 2019 berlangsung di Plaza Ambarrukmo, Yogyakarta, pada 8-10 Maret. Memasuki tahun ke-7, JFF menampilkan karya dari 71 desainer lokal, termasuk sejumlah desainer yang telah dikenal luas.

Mereka di antaranya Ghea Panggabean, Nonita Respati dari label Purana, Didiet Maulana dengan labelnya IKAT Indonesia, lalu Devrico Audi dan label Danjyo Hiyoji, besutan duo Dana Maulana dan Liza Mashita.

Diungkapkan General Manager Plaza Ambarrukmo Surya Ananta, perhelatan Jogja Fashion Festival adalah bentuk komitmen Plaza Ambarrukmo untuk mendukung para desainer lokal sekaligus upaya untuk melestarikan keindahan wastra Nusantara. Itu mengapa tema 'Unbeatable' dipilih.

Jogja Fashion Festival.Jogja Fashion Festival. Foto: Daniel/Detikcom


Tahun ini, JFF juga menitikberatkan pada keindahan songkat. "Meski Yogyakarta identik dengan kain lurik, tapi kami juga ingin menampilkan keindahan kain tradisional lainnya, yakni songket," kata Surya kepada Wolipop, Jumat (8/3/2019). Songket, kata Surya, memiliki daya tarik tersendiri berkat teknik dan materialnya sehingga penting untuk dikenalkan kepada khalayak yang belum terlalu akrab dengannya.

Di samping mendukung desainer lokal, ajang ini juga dapat mewujudkan Yogyakarta sebagai salah satu pusat mode di Tanah Air. "Harapannya, Yogyakarta bisa menjadi sentra fashion Indonesia," katanya. Selain parade koleksi busana para desainer, JFF 2019 juga akan diramaikan oleh aksi panggung dari Via Valen pada Sabtu, 9 Maret.

Tampil Beda, Jogja Fashion Festival 2019 Angkat Keindahan SongketFoto: Andhika Akbarayansyah

(dtg/eny)