Presiden Jokowi Pakai Jaket Gambar Kucing Saat Kunker, Ada Makna di Baliknya

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 03 Mar 2019 14:11 WIB
Foto: Instagram/@jokowi Foto: Instagram/@jokowi

Jakarta - Dalam kunjungan kerja (kunker) ke sejumlah daerah beberapa hari terakhir, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melengkapi gaya berbusananya dengan sebuah jaket bergambar kucing keluaran label lokal Rawtype Riot. Ternyata ada makna unik di baliknya.

"Secara konsep, saya mengambil gaya vintage baseball dengan bahan wol tebal dan full optional bordir," terang Decky Sastra, pendiri Rawtype Riot, tentang jaket model varsity itu kepada Wolipop, Minggu (3/3/2019).

Tampak berbagai macam bordiran menghiasi hampir sekujur jaket Jokowi itu. Salah satunya bordiran bergambar kucing yang membawa peralatan gambar pada bagian belakang jaket.


Jokowi Pakai Jaket Gambar Kucing Saat Kunker, Ini Makna di BaliknyaPresiden Jokowi dan Iriana saat kunjungan kerja ke Gorontalo. Jokowi mengenakan jaket gambar kucing produksi brand lokal. Foto: Instagram/@jokowi

"Secara umum, artinya lebih ke ikon-ikon yang menggambarkan pelaku yang senang berkarya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang," tambah Decky.

Pada bagian depan terdapat logo dari Rawtype Riot. Sementara sisi kiri depan dihiasi tulisan "when raw is going to be awesome" yang bisa diartikan sebagai "saat sesuatu yang orisinil bisa menjadi hebat".

Rawtype Riot merilis jaket tersebut pada akhir 2018 dalam jumlah yang terbatas, hanya 45 buah, dan langsung ludes terjual dalam waktu dua minggu. Diungkapkan Decky, putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, menjadi orang pertama yang memesan jaket seharga Rp 1,3 juta itu.

"Yang pesan awalnya Mas Gibran dengan no urut code jacket 01/45," kata Decky.


Jokowi Pakai Jaket Gambar Kucing Saat Kunker, Ini Makna di BaliknyaPresiden Jokowi saat blusukan di Pasar Sentral, Kota Kendari. Foto: Instagram/@jokowi

Gibran diketahui hanya memesan satu buah. Dari Gibran, jaket tersebut 'pindah tangan' ke Jokowi. Sepengetahuan Decky, sebelum menemani penampilan Jokowi baru-baru ini, jaket tersebut sudah pernah dipakai oleh Gibran. Rawtype Riot juga pernah merilis jaket Bubur Ayam Racer yang sempat viral setelah Jokowi kenakan saat konvoi motor di Bandung, Jawa Barat, pada November 2018.

Di Instagram Rawtype Riot, banyak komentar netizen yang menyebut berminat untuk membeli jaket varsity bergambar kucing tersebut. Namun, Decky mengatakan, Rawtype Riot tak akan memproduksinya lagi meski banyak permintaan.

Presiden Jokowi Pakai Jaket Gambar Kucing Saat Kunker, Ada Makna di Baliknya
(dng/hst)