Ini Tas Ganepo yang Dipromosikan Menteri Susi Sebagai Pengganti Plastik

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 28 Feb 2019 16:43 WIB
Foto: Twitter/ist Foto: Twitter/ist

Jakarta - Menteri Susi Pudjiastuti mengajak ibu-ibu untuk memakai barang-barang yang ramah lingkungan. Dalam sebuah cuitannya beberapa hari lalu Menteri Kelautan dan Perikanan tersebut mempromosikan tas ganepo untuk berbelanja. Susi mengatakan jika tas plastik tersebut bisa dipakai berkali-kali dan harganya murah.

"Stop penggunaan kantong kresek atau plastik sekali pakai. Lihat betapa cantiknya tas Ganepo yang saya pakai. Harganya hanya Rp 16 ribu. Tidak luntur dan sangat kuat. Dilindas mobil pun balik lagi," tulis pemilik akun Twitter @susipudjiastuti tersebut.


Tas GanepoTas Ganepo (Foto: Twitter/ist)

Nama tas ganepo mungkin terdengar kurang familiar namun bentuknya pasti sering Anda lihat. Tas yang biasa digunakan untuk berbelanja di pasar ini pun terbuat dari plastik impor bekas tali garmen. Susi mengatakan jika bahan tas ganepo itu adalah dari limbah yang dibuat menjadi kerajinan. Karena itu, selain cantik dan murah, tas ganepo juga bisa ramah lingkungan.

"Ini adalah pioneer pengurangan sampah laut. Cantik kantung kresek atau ini? Cantik yang ini (tas ganepo). Tas plastik kalau dibuang tidak pakai pikir, dimakan sama paus, pausnya mati," kata Susi Pudjiastuti dalam sebuah acara Seafood Lovers Millennials, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti beberapa waktu lalu.

Tas ganepo yang dipromosikan Susi sendiri adalah buatan seorang wirausaha asal Demak bernama Istiqomah. Dalam acara yang sama, Istiqomah mengatakan jika tas tersebut awalnya dibuat sembari mengisi waktu luang. Kala itu, ia melihat banyaknya limbah pabrik garmen lalu mencoba untuk membuat kerajinan demi menambah uang belanja.


Ini Tas Ganepo yang Dipromosikan Menteri Susi Sebagai Pengganti PlastikFoto: Twitter/ist
Dari coba-coba, produksi tas ganepo tersebut kini sudah sampai Pulau Sumatera dan Kalimantan. Harga tas ganepo yang dijual Istiqomah berkisar dari Rp 14 ribu hingga Rp 27 ribu.

Tas belanja seperti itu pun cukup banyak dijual di pasar atau toko kelontong. Di situs belanja, tas pasar dengan bahan plastik anyaman juga banyak ditawarkan. Umumnya tas tersebut dijual dengan harga Rp 20 ribuan. Namun untuk tas belanja dengan ukuran lebih besar dan bentuk lebih unik umumnya dijual lebih dari Rp 40 ribu.


Simak Juga 'Menteri Susi Ajak Piknik Emak-emak Pengolah Limbah Plastik':

[Gambas:Video 20detik]


Ini Tas Ganepo yang Dipromosikan Menteri Susi Sebagai Pengganti Plastik
(dtg/dtg)