6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Beli Berlian, Jangan Salah Pilih

Silmia Putri - wolipop Minggu, 20 Jan 2019 15:05 WIB
Foto: Silmia Putri/Wolipop
Bandung - Memiliki perhiasan berlian menjadi kebanggan tersendiri. Keindahan bentuknya dan harganya yang istimewa membuat berlian diperlakukan secara spesial. Biasanya, berlian hanya dibeli untuk momen emosional seperti pernikahan dan pertunangan.

Tapi, bagaimana cara beli berlian untuk orang awam? Sedikit berbeda dengan emas, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan saat beli berlian, khususnya jika berupa perhiasan.

Leticia Paramita, selaku Deputy Head of Institute Gemology Paramita menjelaskan enam aspek yang harus diperhatikan saat memilih berlian.
Cincin berlian. Foto: Silmia Putri/Wolipop

"Perhiasan berlian yang baik setidaknya harus memperhatikan 4C yaitu color, cut, clarity, dan carat," tuturnya pada acara Fabulous Moment with Mielerie di The 18th Resto & Lounge Trans Luxury Hotel Bandung, belum lama ini.



Pertama, tentukan dulu karatnya berapa. Semakin besar tentu semakin mahal. Kedua yaitu warna, Leticia menerangkan semakin jernih warnanya semakin bagus. Ada juga istilah fancy karat, yaitu berlian yang seluruh 'body-nya' berwarna. Harganya biasanya keluar hanya sesuai permintaan saja.

Selanjutnya adalah clarity atau tingkat kecacatan berlian. Berlian dengan kategori 'flawless' sebaiknya jangan dipakai. Karena kalau tergores dan diperbaiki jadi halus kembali, maka levelnya akan turun.
Cincin berlian. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Bentuk berlian (cut) juga sangat memengaruhi kualitas kilau berlian Potongannya itu bisa memengaruhi pantulan cahaya jadi apakah bagus kilaunya atau tidak.



Selain 4C, Leticia menambahkan 2C hingga jadi 6C. Dua Aspek terakhir ini murni dari pemikiran Leticia. Selanjutnya adalah 'certified'. Kita harus memiliki berlian yang bersertifikat.

Terakhir adalah 'confident'. Harus ada rasa percaya ketika membeli berlian baik dari pembeli maupun penjual. Jika tidak ada rasa percaya, apresiasi kita terhadap berlian tersebut akan samar. (sil/hst)