Balenciaga Dituntut karena Buat Anting Mirip Pengharum Mobil

Alissa Safiera - wolipop Senin, 22 Okt 2018 16:10 WIB
Foto: Dok. Balenciaga Foto: Dok. Balenciaga

Jakarta - Ide koleksi baru Balenciaga yang terinspirasi barang sehari-hari tampaknya tak selalu berhasil. Setelah sebelumnya dituntut oleh perusahaan pembuat suvenir, Balenciaga kini kembali mendapat masalah hukum.

Balenciaga baru saja merilis anting yang modelnya sama persis dengan pengharum mobil berbentuk pohon cemara. Perusahaan bernama Car-Freshner Corporation yang memiliki paten atas pengharum mobil Little Tress yang ditiru Balenciaga pun kini menuntut.

Sulit memang menyangkal perbedaan keduanya. Anting Balenciaga sangat mirip dengan pengharum mobil Little Tress yang desainnya dipatenkan sejak 1952. Hanya saja, milik Balenciaga dilengkapi logo brand dalam warna emas.

TMZ melaporkan, Car-Freshner Corporation menuntut agar konsumen tidak bingung membedakan keduanya. Apakah itu pengharum mobil seharga US$ 3 (setara dengan Rp 45 ribu) atau anting dari rumah mode high-end senilai US$ 275 atau Rp 4 jutaan.

Sebelum ini, Balenciaga merilis tote bag seharga Rp 28 juta di bulan Agustus lalu. Ternyata, desain tas tersebut meniru dari perusahaan suvenir asal New York, City Merchandiser.
Balenciaga Dituntut karena Buat Anting Mirip Pengharum MobilFoto: Istimewa/ Fashionista.com

City Merchandise yang punya tagline sebagai 'Salah satu distributor suvenir terbesar di Amerika' menuntut kemiripan desain tasnya dengan milik Balenciaga. Dikutip dari Fashionista, desain tas milik City Merchandiser sudah didaftarkan hak ciptanya sejak bulan Februari.
(asf/asf)