Bujet Murah di Balik Gaun-gaun Mewah Crazy Rich Asians

Alissa Safiera - wolipop Selasa, 18 Sep 2018 15:02 WIB
Foto: Dok. Crazy Rich Asians Foto: Dok. Crazy Rich Asians

Jakarta - Segala bentuk kemewahan terpampang nyata saat menyaksikan film Crazy Rich Asians yang baru rilis. Bukan saja helikopter, jajaran mobil super mewah, dan rumah yang sangat luas, tapi juga busana yang dipakai para aktor dan aktris.

Salah satu yang sulit dilupakan adalah adegan pernikahan mewah dari tokoh Araminta yang diperankan Sonoya Mizuno. Dia berjalan di altar yang dipenuhi air, membuat cara masuk yang dramatis.

Gaun pengantin Araminta dibuat selama tiga minggu. Butuh 30 orang untuk memberi kristal Swarovski emas di atas gaun mewah ini.

"Kami membuat gaun itu di Kuala Lumpur dan ada 30 wanita yang mengerjakan kristal di gaun selama tiga minggu. Lalu aku membawanya ke Singapura dan terus mengerjakannya setiap hari, menambahkan kristal, embroidery di rok. Aku tak membayangkan berapa banyak kristal yang kami pakai karena orang-orang membuatnya dengan sangat cepat, mungkin ada ribuan kristal," ungkap kostum desainer Mary Vogt.

Uniknya, gaun itu tak berbentuk seperti gaun dengan rok yang megah. Sang pengantin sebenarnya mengenakan bodysuit dan rok yang dipasang sebagai kombinasi.
Bujet Murah di Balik Gaun-gaun Mewah Crazy Rich AsiansFoto: Dok. Crazy Rich Asians

"Itu jumpsuit yang kita buat dari tulle dan diberi kristal Swarovski emas, dan roknya ada di atasnya," lanjut Mary.

Mary melanjutkan, ia mendapat inspirasinya dari sosok sang aktris Sonoya Mizuno yang memerankan Araminta Lee. Latar belakang Sonoya sebagai penari ballet memberi pengaruh besar terhadap look ini.

"Sonoya adalah penarin, ballerina, dan dia memiliki karakter yang menyenangkan, jadi dia bisa mengenakan apapun yang seru, gaun eksentrik. Dia sangat anggun, cantik dan memiliki kaki kecil penari. Kami memakaikan gaun pengantin aneh Swan Lake ini dan Sonoya bisa berjalan anggun di air, itu sangat sulit dilakukan," tandasnya.

Ketika gaun bisa dikerjakan sendiri, perhiasan mewah yang ada di set film tetap memakan bujet mahal. Daripada beli, Mary akhirnya meminjam perhiasan ke desainer.
Bujet Murah di Balik Gaun-gaun Mewah Crazy Rich AsiansFoto: Warner Bros Pictures via IMDb

"Dengan bujet kami, kami tidak sanggup beli perhiasan high end karena sangat mahal. Kita hanya punya satu dari Marni, tapi sudah dipakai oleh Peik Lin. Akhirnya kami meminjam dari Bulgari dan Chopard. Mereka bilang kami harus punya penjaga sendiri untuk bertanggung jawab atas perhiasan pinjaman itu."
Bujet Murah di Balik Gaun-gaun Mewah Crazy Rich AsiansFoto: Istimewa

Saat menyaksikan filmnya, Anda mungkin tak mengira jika bujet kostumnya tidak begitu besar. Mary mendapat beberapa kostum saat musim diskon dan meminjam dari desainer.

"Ada mantel bulu hitam dan putih Michael Kors yang dipakai seorang gadis di New York dan itu sangat mahal, tapi kami membelinya diskon 90 persen sekitar US$ 300. Lalu Michael Kors membuat ransel yang matching dengan mantel bulunya, dan kami mengontak Michael Kors dan bertanya, 'Bolehkah kami mendapatkan ranselnya? Dan mereka bilang 'Tidak'," ungkapnya tertawa.

"Tapi Michael Kors tetap baik kepada kami. Mereka meminjamkan kami berbagai barang dan mengatakan kami boleh menyimpannya. Tapi mereka tidak mau memberikan ranselnya," lanjutnya.
(asf/asf)