Unik, Inspirasi Botol Parfum di Koleksi Busana Desainer Favorit Ibu Negara

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 17 Sep 2018 16:34 WIB
Foto: dok. Vogue Foto: dok. Vogue

London - Bagi desainer Mary Katrantzou, inspirasi bisa datang dari mana saja. Di London Fashion Week (LFW), desainer favorit selebriti ini menyajikan deretan gaun dengan bentuk botol parfum.

Seperti Victoria Beckham, LFW kali ini terasa spesial bagi Mary karena bertepatan dengan 10 tahun labelnya berdiri. Maka untuk koleksi Spring-Summer 2019, perempuan berdarah Yunani ini menggali inspirasi dari arsip koleksi terdahulunya.

Baca Juga: 10 Tahun Jadi Desainer, Victoria Beckham Rilis Busana Minimalis nan Jenaka

 Mary Katrantzou menampilkan koleksi Spring 2019 yang terinspirasi dari botol parfum di London Fashion Week. Mary Katrantzou menampilkan koleksi Spring 2019 yang terinspirasi dari botol parfum di London Fashion Week. (Foto: Dok. Vogue)
Satu hal yang membedakan Mary dari desainer lainnya adalah cara dia mengemas sumber inspirasinya yang sederhana menjadi sebuah koleksi dengan permainan motif yang unik dan berani.

Pada tahun pertamanya di London Fashion Week, Mary yang merupakan lulusan sekolah mode Central St Martins ini menyita perhatian berkat deretan gaun Winter 2009 dengan bentuk botol parfum. Dengan siluetnya yang mengaksentuasikan tubuh perempuan, botol parfum lantas menciptakan ilusi bentuk tubuh yang meliuk seperti jam pasir.

Baca Juga: London Fashion Week Larang Desainer Tampilkan Baju Berbulu Hewan

Salah satu karya Mary Katrantzou di London Fashion Week Spring 2013. Ketika itu, prangko dan mata uang menjadi sumber inspirasinya.Salah satu karya Mary Katrantzou di London Fashion Week Spring 2013. Ketika itu, prangko dan mata uang menjadi sumber inspirasinya. (Foto: Getty Images)
Dan gaun 'botol parfum' itu muncul kembali di koleksi teranyarnya yang dipresentasikan kemarin, Minggu (16/9/2018), namun dalam nuansa yang lebih glamor. Gaun tersebut bermandikan kristal Swarovski yang dilukis dengan tangan hingga membentuk bentuk botol parfum kaca. Alhasil, sang pemakai tampak seperti botol kaca berjalan yang menyala-nyala. Ada tiga versi gaun yang Mary sajikan, dari yang bernuansa kehijauan, hingga merah keemasan.

Banyak dari busana yang ditampilkan juga mencerminkan kepribadian Mary sebagai pecinta alam bebas. Tampil deretan gaun bernuansa floral dan faun dalam siluet yang bervolume dan berstruktur sehingga meninggalkan kesan yang modern dan futuristik.

Mary KatrantzouMary Katrantzou (Foto: Getty Images)
Di sisi lain, koleksi ini menjadi refleksi perjuangan Mary sebagai desainer baru di tengah dinamika industri mode dunia. Ia mulai merintis karier sebagai desainer profesional saat perekonomian dunia tengah dilanda resesi besar-besaran pada 2008 lalu.

"Aku bilang ke orangtuaku, 'Jika aku berhasil menjual 30 pakaian, berarti itu sebuah kesuksesan besar.' Malah akhirnya, aku menjual lebih dari itu. Saking banyaknya, aku menulis pesanan di kertas siaran pers," ujar Mary saat mengenang pengalaman pertamanya sebagai desainer baru, seperti dikutip Evening Standard.

Cate Blanchett memakai gaun Mary Katrantzou di Cannes Film Festival 2018.Cate Blanchett memakai gaun Mary Katrantzou di Cannes Film Festival 2018. (Foto: Getty Images)
Dalam perjalan kariernya, Mary menjadi desainer para selebiriti dunia dan ibu negara. Karya-karyanya sudah pernah membungkus tubuh Keira Knightley, Paris Hilton, dan Cate Blanchett di karpet merah. Tidak ketinggalan, Ibu Negara Melania Trump dan Michelle Obama juga pernah mengandalkan rancangan Mary untuk acara kenegaraan.

Michelle Obama dalam balutan rancangan Mary saat berkunjung ke London beberapa tahun lalu.Michelle Obama dalam balutan rancangan Mary saat berkunjung ke London beberapa tahun lalu. (Foto: Getty Images)

(dtg/dtg)